Langsung ke konten utama

Pesmol Ikan Kembung


Waktu memasak: 45 menit
Porsi: 1 – 3 porsi

Bahan:

🐟 250 gr ikan kembung ukuran kecil ( biar dapetnya banyak..hehe )
🐟 1 buah jeruk nipis
🐟 5 lembar daun jeruk sobek-sobek
🐟 2 lembar daun salam
🐟 1 batang sereh yang putihnya aja, geprek
🐟 2 ruas lengkuas, geprek
🐟 200 ml air
🐟 ¼ st lada bubuk
🐟 1 tangkai bawang daun
🐟 1 buah cabe merah, iris
🐟 10 buah cabe rawit ( atau sesuai selera)
🐟 Minyak untuk menggoreng dan menumis secukupnya
🐟 Garam dan gula secukupnya


Bumbu halus:

🐟 3 butir kemiri sangrai
🐟 4 siung bawang merah
🐟 2 siung bawang putih
🐟 2 ruas jahe
🐟 3 ruas kunyit, bakar

Cara:


-       🐟   Cuci bersih ikan kembung, kucuri jeruk nipis dan garam, diamkan sekitar 15 menit, lalu goreng. Sisihkan. Sambil menunggu haluskan bumbu.
-         🐟 Masukan kurang lebih 4 sendok minyak sayur sisa menggoreng ikan untuk menumis, masukan bumbu halus, cabe merah, cabe rawit, lengkuas, salam, sereh, dan laja, tumishingga aroma harum, terakhir masukan bawang daun dan air, lalu biarkan sampai mendidih.
-         🐟 Masukan ikan satu persatu, bolak-balik hingga bumbu meresap, dan kuah sedikit mengental.
-          Pesmol ikan kembung siap dihidangkan.

Pelengkap:

🍚 Nasi, 🍲 tumis kankung,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review: Totole Kaldu Rasa Jamur (Vegetarian Food)

Kesampaian juga mencoba kaldu Totole rasa jamur yang lagi happening banget di komunitas ibu-ibu sehat anti MSG 😁 Dari awal kemunculan produk ini yang hanya di jual di komunitas-komunitas, terus mulai bisa dibeli bebas via online, masih juga belum beli karena harganya mahal belum ongkir. Dan setelah maju mundur cantik buat beli, sekarang baru sempat beli, itu pun pas gak sengaja liat di swalayan ada yang begini. Walaupun akhir-akhirnya aku lebih suka belanja di internet. Sebetulnya Totole kaldu rasa jamur ini diperuntukan bagi para vegetarian, yang dari mulai ke kaldu-kaldu gak boleh ada unsur hewani. Dan semakin tenar dikalangan penggiat diet sehat bebas kolesterol, karena kaldu dari tumbuhan tidak mengandung lemak sama sekali, dan karena sangat alami dan tidak menggunakan MSG, maka ibu-ibu yang punya balita khususnya, berbondong-bondong lah membicarakan kaldu ini.. Hehe (Totole Kaldu Rasa Jamur)  Gambar di bungkusnya imut-imut banget, gemesinnnnn 😝😝😝 terus tuli...

Resep American Resol Simpel

Kalau aku ketemu makanan di kotak,  itu gak jauh-jauh dari resol.. Hehe ngga selalu sih tapi cukup sering. Kue yang biasanya rasanya asin ini selalu dibarengi dengan isian,  entah itu sayuran,  daging,  kelapa, atau apa pun. Dulu aku gak bisa membedakan mana resol dan keroket,  belakangan ternyata itu dibedakan dari tekstur kulitnya 😁 sebetulnya aku biasa aja sama kue resol,  suka-suka banget tidak,  gak suka juga tidak. Yang pasti kalau lagi kenyang makan resol rasanya bikin perut penuh, karena kulitnya itu loh.... Tebeeeelll banget. Dua hari yang lalu anakku bingung makan siang mau apa, di kulkas kebetulan ada sosis dan sisa roti gandum tawar,  dan terpikir bikin resol ala-ala... 😀 gak pake ribet bikin kulit,  dan gak pake ribet bikin isian,  coz di kulkas cuman ada sosis doang. Jadi american resol kali ini,  sebetulnya risolnya amerika bagian Bandung.. Hehe mostly,  amerikan resol yang betulan terdiri dari daging asa...

Resep Nasi Goreng Ayam Spesial

Nasi goreng adalah makanan Indonesia, yang sudah mendunia, bahkan saya pernah lihat menu "Nasi Goreng" di Jerman dengan kata bahasa Indonesia (tidak diterjemahkan). Berarti sudah sangat khas ya... Namun asal muasal nasi goreng adalah dari china, berawal dari mensiasati nasi dingin agar kembali lezat disantap. Gampang sekali menemukan pedagang nasi goreng, karena hampir setiap tikungan ada. Sedangkan kalau sedang malas, dan tengah malam lapar, banyak juga pedagang nasi goreng keliling. Menu nasi goreng juga menjadi favorit makanan untuk sarapan, karena mudah dan bisa memanfaatkan sisa nasi yang tidak habis termakan. Seiring berjalannya waktu dan kreativitas, nasi goreng banyak modifikasinya. Ada nasi goreng seafood, nasi goreng ayam, hingga nasi goreng kambing yang paling terkenal. Walaupun masakan nasi goreng tak lepas dari kecap, bawang merah,  dan telur. Namun beda orang yang membuat beda pula rasanya. Kalau aku suka banget nasi goreng abang-abang, entah pakai b...

Resep Acar Timun Bumbu Kuning

Fuihhh... Panjang amat judulnya.. Hehe Timun emang jagonya banget buat dibikin acar, selain acar bumbu kuning,  yang paling terkenal ya acar yang pakai cuka itu (entah apa namanya). Acar sangat cocok dengan menu yang goreng-goreng dan bakar-bakar, konon katanya bisa menetralisir rasa enek dari sisa-sisa minyak atau lemak dari hasil goreng atau bakar. Di rumah ada timun dan wortel, juga ada ikan nila goreng fix bikin acar aja, hmm.. Tapi kalau ikan kayanya emang cocok dengam acar bumbu kuning ya, nah kalau bikin sate atau iga bakar kayanya acar cuka yang cocok. So, ini dia, resep acar timun (wortel) bumbu kuning, silahkan di coba ya bu ibu... RESEP ACAR TIMUN BUMBU KUNING (Acar Timun Bumbu Kuning)  Waktu memasak: 30 menit Porsi: 2-4 orang Bahan: 🍲 200 gr timun,  iris melintang 🍲 100 gr wortel, iria melintang 🍲 100 gr air 🍲 2 lembar daun salam 🍲 2 cm jahe, geprek 🍲 3 sdm minyak goreng 🍲 garam dan gula secukupnya Bumbu halus: 🍲 5 siung ba...

Review : La Fonte Bolognese Pasta Sauce

Saus pasta yang satu ini adalah salah satu saus favoritku, sebetulnya ini bukan yang pertama kali aku pakai saus ini, sering banget malah, saking berkesannya malah jadi kepikiran pengen di share di blog... (Begini lah kelakuan emak blogger..xixix) Aku yakin banget ampir semua orang yang doyan makanan itali, mau itu spaghetti, pizza, etc dan pengen yang praktis-praktis, kayanya langsung lirik saus la fonte ini. (La Fontr Bolognese Pasta Sauce)  Masih anget, kemaren aku baru bikin spaghetti bolognese dan kalau aku bilang sih, pakai saus yang satu ini gak pernah gagal, tapi kadang juga kalo lagi pergi ke supermarket suka stok saus ini. Kombinasi pasta tomat, oregano, dan basil nya udah matching banget. Apa lagi sekarang, karena aku sering banget pakai saus ini, jadi perubaham sekecil apa pun baik rasa maupun kotennya pasti langsung kerasa. Menurutku sih, la fonte bolognese pasta yang sekarang, lebih banyak dagingnya. Ngerasa gak sih? Yang kemaren aku pakai ...