Skip to main content

Balado Jengkol Teri


Jengkol, makana yang paling digemari, khususnya dalam kuliner pulau jawa, jengkol merupakan tumbuhan khas asia tenggara, dan termasuk kedalam kategori polong-polongan, jengkol juga di kenal di amerika dengan sebutan dog fruit. Aroma yang khas membuat jengkol menjadi istimewa, namun mengkonsumi jengkol berlebihan tidak disarankan dengan alasan kesehatan, meskipun demikian jengkol pun masih memiliki manfaat untuk tubuh, diantaranya memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

(sumber gambar: wikipedia.org)


Teri sering dikenal dalam kelompok "ikan asin", jenis ikan yang sering dijadikan asin teri adalah ikan bilis, berbentuk kecil dan agak transparan. jenis ikan asin teri pun bermacam-macam, seperti teri medan, teri jengki, dan banyak lagi. Untuk kudapan berbahan dasar jengkol jenis teri yang sering digunakan adalah teri bilis tebal ( karena sering berpasangan dengan bahan dasar jengkol, maka di daerah jawa barat (sunda), teri ini di kenal dengan sebutan teri jengki (jengkol). Teri memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, namun juga memiliki kadar garam yang banyak, sehingga tidak disarankan konsumsi berlebihan untuk orang dengan kecenderungan hipertensi.


Nah, bagai mana rasanya ya jika kedua jenis bahan dasar itu disatukan dalam satu penggorengan, berikut resep yang bisa bunda coba "Balado Jengkol Teri" πŸ˜„ :

Waktu memasak : 30 menit
Porsi : 1-2 orang

Bahan:
🍳 120 gr jengkol tua
🍳  30 gr teri jengki
🍳   2 sendok minyak sayur untuk menumis

Bumbu halus:
🍳  50  gr cabe merah ( saya pakai cabe tanjung dan cabai keriting di campur)
🍳  5 siung bawang merah
🍳  3 siung bawang putih
🍳  1 buah tomat ukuran sedang
🍳  garam dan gula secukupnya

Bumbu geprek:
🍳 2 ruas lengkuas
🍳 2 lembar daun salam
🍳 1 buah sereh

cara memasak:

🍳 Belah dua jengkol, kemudian masing-masing di belah 2 atau 3 sesuai selera, cuci bersih dan buang kulit arinya, lalu rendam dalam air sekitar 10 menit.
🍳 Goreng jengkol hingga kering, kemudian goreng juga teri, sisihkan. Sambil menunggu, bunda bisa menyiapkan bumbu halus dab bimbu geprek.
🍳 Panaskan minyak, masukan semua bumbu, beri gula dan garam secukupnya, koreksi rasa. setelah bumbu matang dan harum, masukan jengkol dan teri, kemudian aduk semua hingga tercampur dan bumbu meresap.
🍳 Balado jengkol teri siap di hidangkan.

pelengkap:
🍚 nasi panas, 🍡 tumis kangkung

Comments

Popular posts from this blog

Review: Totole Kaldu Rasa Jamur (Vegetarian Food)

Kesampaian juga mencoba kaldu Totole rasa jamur yang lagi happening banget di komunitas ibu-ibu sehat anti MSG 😁

Dari awal kemunculan produk ini yang hanya di jual di komunitas-komunitas, terus mulai bisa dibeli bebas via online, masih juga belum beli karena harganya mahal belum ongkir.

Dan setelah maju mundur cantik buat beli, sekarang baru sempat beli, itu pun pas gak sengaja liat di swalayan ada yang begini.

Alhamdulillah..sekarang di swalayan udah banyak menjual pilihan produk-produk non-MSG, karena biasanya harus kerja keras nyarinya,  dan hanya bisa dibeli online. Hmm..berarti semakin melek orang-orang ya..😊

Sebetulnya Totole kaldu rasa jamur ini diperuntukan bagi para vegetarian, yang dari mulai ke kaldu-kaldu gak boleh ada unsur hewani.

Dan semakin tenar dikalangan penggiat diet sehat bebas kolesterol, karena kaldu dari tumbuhan tidak mengandung lemak sama sekali, dan karena sangat alami dan tidak menggunakan MSG, maka ibu-ibu yang punya balita khususnya, berbondong-bondong …

Resep Perkedel Daging Kelapa ( Khas Banten )

Sumpah, saya baru pertama kali coba menu ini, dan sumpah enak banget !πŸ‘Œ, saya gak tahu menu macam apa ini, karena di Bandung menu ini memang gak familiar dan mungkin hampir tidak di kenal😁 dan saya bersyukur, bisa berkenala, salam kenal ya menu khas Banten!πŸ‘πŸ˜„

Belakangan setelah saya baca sana sini, saya tahu bahwa resep perkedel daging ini khas Banten, walaupun pertama kali saya coba ini di daerah Cianjur..hehe Yang unik dari resep perkedel daging khas banten adalah campuran daging dan kelapa, saya pernah coba menu yang mirip-mirip di Jerman, sejenis perkedel, tapi isinya full daging cincang. Apakah resep ini  dipengaruhi juga resep eropa? hmm..saya juga kurang tahu, tapi bisa jadi sih, saat penjajah Belanda itu di siniπŸ˜€

Mama cantik, penasaran dengan rasanya? kalau begitu, yuk mari cusss aja bikin perkedel daging khas Banten ini🌴🌴🌴

Waktu memasak: 45 menit
Porsi: 15 buah

Bahan Bola Daging:
πŸ› 100 gr  Daging Sapi Cincang
πŸ› 100 gr Kelapa parut, sangrai
πŸ› 1 siung Bawang putih,…

Review: Desaku Bumbu Bubuk Kari

Ada beberapa alasan ibu-ibu malas berkecimpung di dunia perdapuran, karna emang gak bisa masak, atau bisa juga karena malas repot. syukur-syukur bisa selalu beli makanan ke restoran yah, tapi kalau ngga..gak ada pilihan lain selain masak sendiri, tak hanya faktor eknonomi ( yang faktanya masak sendiri jauh lebih murah, karena kita gak perlu bayar tenaga koki) tapi juga faktor kesehatan dan nutrisi.

Makanan di luaran belum tentu memenuhi standar nutrisi yang biasanya ibu-ibu paling konsen soal ini. Misal untuk penambahan MSG atau mecin misalnya, atau alergi terhadap makanan tertentu, atau apalah..apalah..masih banyak lagi 😊.

Kalau alasan gak bisa masak, klasik banget ya. Karena pada dasarnya semua orang punya naluri merasa lapar dan mencari makanan, masak adalah tingkat lanjut dari kata survive, bedanya hanya satu ada yang enak dan tidak..hehe, itu aja kok.

Nah kalau alasannya yang kedua, malas. Ini ya mau gimana lagi, aku sendiri (walaupun gak bilang jago juga dalam urusan masak), ta…

Review : La Fonte Bolognese Pasta Sauce

Saus pasta yang satu ini adalah salah satu saus favoritku, sebetulnya ini bukan yang pertama kali aku pakai saus ini, sering banget malah, saking berkesannya malah jadi kepikiran pengen di share di blog... (Begini lah kelakuan emak blogger..xixix)

Aku yakin banget ampir semua orang yang doyan makanan itali, mau itu spaghetti, pizza, etc dan pengen yang praktis-praktis, kayanya langsung lirik saus la fonte ini.


Masih anget, kemaren aku baru bikin spaghetti bolognese dan kalau aku bilang sih, pakai saus yang satu ini gak pernah gagal.

Kombinasi pasta tomat, oregano, dan basil nya udah matching banget. Apa lagi sekarang, karena aku sering banget pakai saus ini, jadi perubaham sekecil apa pun baik rasa maupun kotennya pasti langsung kerasa.

Menurutku sih, la fonte bolognese pasta yang sekarang, lebih banyak dagingnya. Ngerasa gak sih? Yang kemaren aku pakai terutama, pas dituang rasanya kok dagingnya lumayan.

Tapi tetep kalau tanpa masukin daging cincang tambahan, emang gak berasa juga.. …

Resep Acar Timun Bumbu Kuning

Fuihhh... Panjang amat judulnya.. Hehe Timun emang jagonya banget buat dibikin acar, selain acar bumbu kuning,  yang paling terkenal ya acar yang pakai cuka itu (entah apa namanya).

Acar sangat cocok dengan menu yang goreng-goreng dan bakar-bakar, konon katanya bisa menetralisir rasa enek dari sisa-sisa minyak atau lemak dari hasil goreng atau bakar.

Di rumah ada timun dan wortel, juga ada ikan nila goreng fix bikin acar aja, hmm.. Tapi kalau ikan kayanya emang cocok dengam acar bumbu kuning ya, nah kalau bikin sate atau iga bakar kayanya acar cuka yang cocok.

So, ini dia, resep acar timun (wortel) bumbu kuning, silahkan di coba ya bu ibu...

RESEP ACAR TIMUN BUMBU KUNING
ala Dapur Mama Badar


Waktu memasak: 30 menit
Porsi: 2-4 orang

Bahan:
🍲 200 gr timun,  iris melintang
🍲 100 gr wortel, iria melintang
🍲 100 gr air
🍲 2 lembar daun salam
🍲 2 cm jahe, geprek
🍲 3 sdm minyak goreng
🍲 garam dan gula secukupnya

Bumbu halus:
🍲 5 siung bawang merah
🍲 2 siung bawang putih
🍲 3 butir kem…