Langsung ke konten utama

Resep Brownies Panggang (Kacang)

Setelah sekian lama ngumpulin contekan resep, dan hunting bahan, dan ngarep kapan bisa dieksekusi, dan gak ada waktu.. lebih tepatnya males..akhirnya Idul Fitri tahun ini kesampaian, masih nuansa hari raya, sebenernya lumayan "kenyang" sama yang manis-manis, tapi kayanya kalau ditawari brownis yang satu ini gak bakal nolak..😂

Sejarah brownies sudah jadi rahasia umum, bahwa kue ini hasir dari kegagalan.. Jadi ceritanya tuh, ini versi lain dari kue bantet, hmm.. Mungkin yang bikin lupa kasih pengembang..😱 Hehe

Wah, betapa filosofis sekali kue ini, terkadang kegagalan tak selalu menjadi sesuatu yang mengerikan... Aseeekkk 😝

Aku suka brownies karena rasanya coklat banget. Sekarang lagi trend Brownis kukus, tapi aku pribadi lebih suka brownies panggang, karena lebih padet dan kering. Brownis yang bakal aku bikin ini full coklat, dengan tekstur padet, hmm...dan bikin kenyang, dan kalau buat aku sih udah pas banget, ditambah lagi gurih kacangnya bikin seimbang rasanya.

Brownies klasik taburannya adalah kacang almond, tapi berhubung aku lagi gak ada kacang almond, gantinya kacang tanah (berhubung masih Lebaran, ada kacang kupas buat bikin kacang goreng). Ini dia resepnya, gampang dan gak ribet.

RESEP BROWNIES PANGGANG (KACANG)


waktu: 45 menit
porsi: 1 loyang berukuran kecil

Bahan:
🍰 100 gr tepung terigu serbaguna
🍰 55 gr DCC (coklat batangan khusus kue)
🍰 50 gr mentega ( aku pakai palmia royal)
🍰 125 gr gula halus
🍰 40 ml minyak sayur
🍰 25 gr coklat bubuk (semacam cocoa vanhouten)
🍰 2 butir telur
🍰 50 gr kacang tanah kupas, tumbuk kasar

Cara:
🍰 Tim mentega, minyak, dan coklat. Aku pakai panci kecil diberi air, kemudian bahan-bahan disimpan di wadah lainnya yang tahan panas, dan disimpan di tengah-tengah air di dalam panci tersebut. Panaskan dengan api kecil hingga coklat dan mentega mencair, dan semuanya menjadi satu.
🍰 Sementra menunggu tim coklat, masukan telur dan gula lalu aduk hingga gula larut, tidak usah sampai telur mengembang ya, nanti jadinya malah bikin bolu..hehe
🍰 Setelah gula larut masukan tepung, coklat bubuk, tim coklat, aduk rata semua menjadi satu dengan spatula.
🍰 Sambil meracik bahan-bahan di atas, panaskan oven pada suhu 150 drajat kurang lebih 15 menit, atau hingga cukup panas.
🍰 Siapkan loyang, olesi tipis-tipis mentega di atasnya, kemudian lapisi dengan kertas roti, dan masukan adonan, lalu ratakan, setelah rata taburkan kacang tanah ( mentah ) di atasnya.
🍰 Masukan adonan ke dalam oven yang telah dipanaskan, lalu panggang pada api atas dan bawah pada suhu 150 drajat ( suhu sedang), selama kurang lebih 30 menit.
🍰 Jangan lupa putar loyang agar brownies matang merata , berhubung aku punyanya oven listrik yang gak bisa muter otomatis panggangannya, aku putar sesuai jarum jam setiap 5 menit. Dan jangan lupa juga cek kematangan, dengan menusukan garpu atau tusukan sate ke dalam adonan brownies tadi, jika sudah tidak ada adonan yang melekat atau kacang sudah agak coklat, berarti brownies sudah matang.
🍰 Resep brownies panggang kacang siap disajikan.

pelengkap: teh manis

📩 topping bisa diganti dengan kacang lainnya seperti almond atau mede. Juga bisa di tambahkan keju, tips untuk taburan keju, keju tidak dimasukan saat adonan masih mentah, jadi tunggu brownies matang, kemudian diolesi diatasnya pasta coklat/ selai coklat, baru diatasnya taburi parutan keju.. yummy 😋

Komentar

myasad mengatakan…
yummy banget keliatannya..
Annisaa T.K mengatakan…
yummyyyy...

Postingan populer dari blog ini

Resep Angeun Kacang Beureum (Khas Sunda)

"Tokecang tokecang bala gendir tosblong, angeun kacang...angeun kacang sapependil kosong, aya listrik di masigit meni caang katingalna aya istri jangkung alit karangan dina pipina, tokecang tokecang bala gendir tosblong, angeun kacang...angeun kacang sapependil kosong." Lirik lagu daerah Jawa Barat tersebut mengingatkan aku pada masa masih sekolah dasar, di mana setiap anak di tes menyanyikan lagu tersebut di depan kelas satu persatu. Yang menarik dari lirik lagu "Tokecang" tersebut adalah terselip daftar menu makanan khas Jawa Barat, mungkin saking membuminya makanan tersebut di tatar Sunda, maka dijadikan lirik lagu daerah. Kenapa tidak sangu tutug oncom ? atau pais lauk? atau apalah..apalah...hehe Angeun Kacang Bereum atau Sayur Kacang Merah ini, memiliki rasa yang segar, karena hadirnya asam jawa di sana. Hmm..mungkin mendekati rasa sayur asem ya, namun tidak menggunakan bahan yang beraneka ragam. Kacang merah sendiri merupakan sumber protein ya...

Resep American Resol Simpel

Kalau aku ketemu makanan di kotak,  itu gak jauh-jauh dari resol.. Hehe ngga selalu sih tapi cukup sering. Kue yang biasanya rasanya asin ini selalu dibarengi dengan isian,  entah itu sayuran,  daging,  kelapa, atau apa pun. Dulu aku gak bisa membedakan mana resol dan keroket,  belakangan ternyata itu dibedakan dari tekstur kulitnya 😁 sebetulnya aku biasa aja sama kue resol,  suka-suka banget tidak,  gak suka juga tidak. Yang pasti kalau lagi kenyang makan resol rasanya bikin perut penuh, karena kulitnya itu loh.... Tebeeeelll banget. Dua hari yang lalu anakku bingung makan siang mau apa, di kulkas kebetulan ada sosis dan sisa roti gandum tawar,  dan terpikir bikin resol ala-ala... 😀 gak pake ribet bikin kulit,  dan gak pake ribet bikin isian,  coz di kulkas cuman ada sosis doang. Jadi american resol kali ini,  sebetulnya risolnya amerika bagian Bandung.. Hehe mostly,  amerikan resol yang betulan terdiri dari daging asa...

Review: Totole Kaldu Rasa Jamur (Vegetarian Food)

Kesampaian juga mencoba kaldu Totole rasa jamur yang lagi happening banget di komunitas ibu-ibu sehat anti MSG 😁 Dari awal kemunculan produk ini yang hanya di jual di komunitas-komunitas, terus mulai bisa dibeli bebas via online, masih juga belum beli karena harganya mahal belum ongkir. Dan setelah maju mundur cantik buat beli, sekarang baru sempat beli, itu pun pas gak sengaja liat di swalayan ada yang begini. Walaupun akhir-akhirnya aku lebih suka belanja di internet. Sebetulnya Totole kaldu rasa jamur ini diperuntukan bagi para vegetarian, yang dari mulai ke kaldu-kaldu gak boleh ada unsur hewani. Dan semakin tenar dikalangan penggiat diet sehat bebas kolesterol, karena kaldu dari tumbuhan tidak mengandung lemak sama sekali, dan karena sangat alami dan tidak menggunakan MSG, maka ibu-ibu yang punya balita khususnya, berbondong-bondong lah membicarakan kaldu ini.. Hehe (Totole Kaldu Rasa Jamur)  Gambar di bungkusnya imut-imut banget, gemesinnnnn 😝😝😝 terus tuli...

Resep Minuman Pink Lava

Minuman ini aku pernah lihat di salah satu menu di resto cepat saji, warnanya unyu-unyu banget.. pinkkk🥰 dan rasanya ternyata lumayan bikin jatuh cinta juga... cocok untuk tengah hari bolong, matahari bersinar terik, kering kerontang udah satu bulan gak turun hujan..pokoknya hareudang..hareudang..hareudang..panas..panas..panas...🥵🥵🥵😁. Dijamin segerrrr 🍹🍹🍹.... Resep Pink Lava Ala dapur mama badar (Pink Lava) Porsi: 1 gelas Waktu buat: 5 menit  Bahan: 🥥 30 gr santan bubuk 🥥 3 sdm sirup cocopandan 🥥 3 sdm kental manis 🥥 125 ml air matang 🥥 es batu secukupnya hingga gelas terisi penuh 🥥 topping sesuai selera Cara buat: (Cara buat) Siapkan gelas untuk meracik, kemudian tuangkan ke dalamnya santan bubuk dan kental manis. Selanjutnya tuangkan sirup cocopandan. Tambahkan air (bisa air dingin), kemudian aduk hingga semua larut. Masukan es batu ke gelas saji hingga terisi penuh, kemudian tuangkan racikan. Agar makin enak taburi atasannya dengan topping sesuai selera. Selamat me...

Review : La Fonte Bolognese Pasta Sauce

Saus pasta yang satu ini adalah salah satu saus favoritku, sebetulnya ini bukan yang pertama kali aku pakai saus ini, sering banget malah, saking berkesannya malah jadi kepikiran pengen di share di blog... (Begini lah kelakuan emak blogger..xixix) Aku yakin banget ampir semua orang yang doyan makanan itali, mau itu spaghetti, pizza, etc dan pengen yang praktis-praktis, kayanya langsung lirik saus la fonte ini. (La Fontr Bolognese Pasta Sauce)  Masih anget, kemaren aku baru bikin spaghetti bolognese dan kalau aku bilang sih, pakai saus yang satu ini gak pernah gagal, tapi kadang juga kalo lagi pergi ke supermarket suka stok saus ini. Kombinasi pasta tomat, oregano, dan basil nya udah matching banget. Apa lagi sekarang, karena aku sering banget pakai saus ini, jadi perubaham sekecil apa pun baik rasa maupun kotennya pasti langsung kerasa. Menurutku sih, la fonte bolognese pasta yang sekarang, lebih banyak dagingnya. Ngerasa gak sih? Yang kemaren aku pakai ...