Skip to main content

Posts

Review: Susu Booster Asi Merek Almom ( Part 1 )

Hmm.. ceritanya aku sedang tergila-gila dengan superfood yang satu ini: Almond. lebih tepatnya lagi memburu jenis susu berbahan dasar kacang almond. konon katanya gak bikin ibu menyusui menjadi gendut tapi asi keluar deras 😛 . Untuk ibu yang lagi menyusui bayinya eksklusif maupun tahap lanjutan ( hingga 2 tahun ) sini..sini..boleh merapat ke sini..sharing-sharing...

Tapi aku disini gak akan terlalu fokus ke hasilnya ya, kaya di iklan-iklan susu booster asi ( pamer-pamer berkantong-kantong stok ASIP ), karena aku memang gak nyetok ASIP, secara aku mah apa atuh rumahku adalah kantorku 😚 jadi anakku langsung "mimi di gentongnya".. pernah sih ada niat nyoba lihat hasilnya dengan memerah asi, supaya tahu berapa banyak, tapi males juga, selain beli pompanya mahal, katanya ada yang bilang menyusu langsung bisa lebih membangun bonding sama si anak. Terus anakku intensif banget mimi nya, jadi boro-boro ada waktu merah asi, ini nempel terus kecuali emaknya mau sholat, makan, mandi, …
Recent posts

Belajar dari Makanan Rumah Sakit

Lama tidak update blog, rasanya hampa-hampa gimana gitu #lebay. Alhamdulillah.. Anak kedua saya sudah lahir, dengan penuh drama dan tanpa diduga-duga. Disini aku gak akan bahas detail proses lahirannya karena ini bukan blog parenting or semacamnya 😄.
Untuk anak kedua ini, aku harus di rawat di rumah sakit karena divonis terkena preeklamsia, semacam "penyakit" khas ibu hamil. Dari cuma baca-baca di internet tentang komplikasi kehamilan ini, eh malah ngalamin sendiri, sedih pasti tapi itu adalah takdir terbaik yang sudah digariskan Allah swt. Apa pun yang pasti aku banyak belajar dan bersyukur untuk 9 hari menginap di rumah sakit.
Kalau boleh curhat sedikit, di rawat di rumah sakit memang bukan suatu yang menyenangkan, at least aku pribadi selama di rumah sakit gak perlu repot mengerjakan pekerjaan rumah dan dapur, gak perlu ngurus anak, dan intinya benar-benar istirahat termasuk nulis blog dan pekerjaan lainnya.
Selain banyak belajar makna ikhlas dan bersyukur, aku juga bany…

3 Tips Pertolongan Pertama pada Masakan Keasinan

Bahkan seorang chef profesional sekali pun tak akan lepas dari “musibah” di dapur. Musibah disini bisa dari musibah besar seperti kebakaran maupun musibah kecil seperti bentuk dan rasa masakan tak sesuai semestinya. Yang paling sering terjadi adalah masakan terlalu asin, padahal masakan itu harus segera dihidangkan, dan tidak mungkin untuk memasak ulang dari awal.
Moms, kalau aku pribadi, hal ini cukup sering terjadi, garam dimasukan kemudian pas dicicipi asin sampai membakar lidah..hehe hal ini biasanya kalau aku ganti merek garam, karena faktanya kadar asin garam ternyata berbeda-beda ya. Makanya belakangan aku lebih suka masakan diberi sedikit garam, meskipun akhirnya jadi hambar, tapi paling tidak, saat akan makan bisa di tambah garam sesuai selera. Dari pada ketika masakan terlalu asin, karena kebanyakan garam.
Tapi tak perlu kebakaran jenggot kalau ini terjadi di dapur bu ibu, semua ada solusinya. Dan yang pasti gak harus membuang masakan yang gagal itu ya. Mungkin ada banyak car…

Resep Chicken Popcorn Cheese Sauce

Saat jalan-jalan sempat lewat sebuah gerai jajanan gitu, yang dijual chicken popcorn, kenapa namanya chicken popcorn, bukan ayam ditambah jagung beledug ya...hehe ini karena ukurannya yang bulat-bulat kecil gitu, terus dikasih tepung crispy jadi penampilannya mirip kaya popcorn, jadi namanya chicken popcorn, walaupun ga ada unsur jagung-jagungnya sama sekali, dan  kalau namanya popchicken, nanti takut keliru juga sama nama menu ayam pop di warung padang 😋

Chicken popcorn pertama kali aku kenal di resto cepat saji, awalnya aku pikir sama kaya nugget gitu, tapi ternyata pas digigit tekstur dagingnya emang masih utuh, kalau nugget bedanya kan dagingnya udah digiling sama bumbu gitu ya kan. Emang sih ini kategorinya cemilan, karena makan ini emang gak mengenyangkan, tapi kalau lagi laper, aku suka tambahin nasi juga makannya...hehe

Rasanyanya kalau menurut aku enak, dan matang sampai ke dalam, karena ukurannya yang kecil-kecil, dan tanpa tulang jadi lebih gampang makannya. Tiba-tiba jadi…

Resep Chicken Cola

Entah dari mana awalnya resep ini, biasanya cola langsung di minum, kalau ini di jadikan salah satu bahan untuk memasak. awalnya sempat ragu, nanti rasanya aneh ga ya, tapi dipikir-pikir lagi anggap aja itu kaya air yang sudah di kasih aroma...hehe

Untuk beberapa orang termasuk aku juga sih, gak terlalu suka sama minuman bersoda, kecuali emang kepepet gak ada minuman lain, misal kalau makan di restoran cepat saji, yang gak akau ngerti kenapa minumannya kebanyakan harus bersoda, apa kebawa-bawa budaya barat kali ya. Selebihnya, air putih biasa yang terbaik untuk di minum setiap hari.
Whatever, setelah dicoba buat masak, ternyata cola ini gak buruk juga, malah bisa dijadikan gantinya gula...hehe soalnya hasil akhirnya rasa masakan jadi manis, mirip kaya pakai gula. dan yang ajaib lagi, setelah dijadikan masakan semacam ayam kecap ini, rasa cola nya entah menguap ke mana, dan bumbunya jadi cepet menyerap kalau aku pikir. kalau penasaran, ini dia, bu ibu...resepnya semoga bisa di coba jug…

Resep Italian Potato Wedges

Kentanggggg... Love it sooooo muchhh... Menu kentang apa pun suka, mau di goreng, jadiin perkedel, balado, apa pun... Suka bangett... Di rumah ada stok kentang, yang rencananya mau dibikin sop, tapi gak keburu aja, ya sudah kita bikin yang yummmy ala cafe aja.. 😉

Potato Wedges seringnya ketemu di menu-menu western, emang cocok banget buat makanan karbo yang pasangannya sama steak, ayam panggang, etc. Tekstur kentangnya kres..kres..pokonya enak.

Dan pengen coba-coba bikin sendiri di rumah, dan hasilnya no bad... Enakkkk banget... Jadi pengen bikin lagi.. Bikin lagi..
Buat yang pengen coba, bisa contok resep ini ya..😊

RESEP ITALIAN POTATO WEDGES Ala Dapur Mama Badar

Waktu memasak: 30 menit
Porsi: 2-3 orang

Bahan:
🍟 250 gr Kentang, bersihkan kulit dari kotoran (kulit tetap dipakai)

Bahan Pencelup:
🍟 1 butir telur
🍟 75 ml susu segar
🍟 100 gr tepung roti
🍟 1 sdt Italian seasoning
🍟 1/2 sdt merica bubuk
🍟 1/4 sdt garam
🍟 Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
🍟 Setelah kulit kentan…

Jenis-Jenis Tepung yang Wajib Diketahui (Bagian 1)

Tepung adalah salah satu bahan masakan yang mungkin cukup sering di gunakan, paling tidak seumur hidup seseorang pasti pernah memasak atau menikmati hidangan berbahan tepung. Ternyata tepung itu memiliki berbagai jenis, tergantung jenis makanan apa yang akan di buat.

Tepung sendiri pada dasarnya memiliki fungsi utama yakni membuat semua adonan yang tercampur menjadi solid atau bersatu. Mungkin kalau istilah prakarya, tepung disini berfungsi sebagai lem, agar semua material bisa menempel atau tercampur dengan sempurna. Namun selain berperan sebagai “Lem”, tepung juga bisa menjadi bahan pengental masakan, atau bahkan bisa juga digunakan sebagai bahan utama, misal dalam pembuatan mie, atau kulit pastry.

Ada beberapa tepung yang paling sering di gunakan, khususnya dalam masakan Indonesia. Meskipun sebetulnya ada banyak sekali jenis tepung di dunia ini, di luar tepung terigu dan tapioka tentunya..hehe (dulu aku cuma tahu dua jenis tepung itu saja..). Nah, berikut ini sudah aku rangkum tepu…