Friday, July 28, 2017

Resep Soto Ayam

Soto ayam yang paling aku suka adalah soto khas Lamongan, kuahnya kental dan aromanya suka banget.

Salah satu favorit aku adalah soto yang suka di jual di warung-warung tenda kaki lima, rasanya nyaris tanpa modifikasi jadi autentik banget,  top markotop kalau kata pak bondan sih 👌

Kali ini aku akan buat soto ayam, tapi aku mau kombinasi pake bumbu instan bamboo soto ayam jadinya gak ada acara ulek-ulek bumbu ya bu ibu... Dan aku pakai lontong juga, biar berasa soto lontong gerobak.. Hehe

Tapi tetap aku tambahan ini itu, karena di instruksinya biasa banget, kalau gak pakai apa-apa takutnya jadinya kurang mantap.

So, this is it..

RESEP SOTO AYAM
ala Dapur Mama Badar

(Soto ayam) 
Waktu memasak: 30 menit
Porsi: 4 orang

Bahan:
🐔 150 gr kol, iris serut
🐔 100 gr kacang kedelai, goreng
🐔 100 gr soun, seduh
🐔 2 potong ayam goreng, swir
🐔 1 buah tomat ukuran sedang, bagi 8 memanjang
🐔 1 buah jeruk nipis, bagi 4
🐔 4 gelas air (sekitar 350 ml)
🐔 1 sdt garam
🐔 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu:
🐔 65 ml santan kental
🐔 2 lembar daun salam
🐔 1 Batang serai, geprek
🐔 2 lembar daun jeruk
🐔 1 Batang daun bawang
🐔 1 bungkus bumbu instan soto ayam

Cara memasak:
🐔 Panaskan minyak di atas panci, lalu tumis bumbu instan, daun salam, serai, daun jeruk dan bawang daun sebentar, kemudian tambahkan air.
🐔 Tunggu hingga mendidih, kemudian tambahkan santan kental,  aduk kembali, tunggu hingga air mengeluarkan gelumbung, matikan api, sisihka
🐔 Tata di mangkuk: soun, kol, tomat,  dan lontong. Lalu siram dengan kuah soto.
🐔 Taburkan kacang kedelai dan kucuran jeruk nipis. Resep soto ayam siap disajikan.


Review: Bamboo Soto Ayam

Kalau aku ya, setelah bikin ayam goreng di rumah, besoknya pasti ancang-ancang bikin soto ayam. Kenapa? Soalnya ungkep ayam goreng yang ga abis hari ini bisa dijadiin pelengkap soto, ayam suwir ceritanya.  Biar gak bosen juga menunya ayam goreng lagi.

Kata orang masak soto ayam ngeracik bumbunya lumayan gampang, tapi jujur aku ampir jarang banget, dan keseringan pakai bumbu yang udah jadi, toh rasanya udah pas banget sama rasa soto ayam yang biasanya.

Sebetulnya ada satu merek yang udah aku percaya banget, dan rasanya relatif tanpa koreksi, tapi sayang komposisinya mengandung MSG.. Hikz

Aku sih bukan orang yang pobia MSG, tapi rasanya kalah ada bahan pengganti yang gak pake MSG, aku mendingan milih yang non-MSG walau kadang harganya lebih mahal.

Kata orang nanti masakannya gak enak kalau gak pake MSG, malah justru itu tantangannya, gimana cara bikin makanan enak alami tanpa MSG. Malahan kalau yang masakan nya enak tapi MSG, bisa jadi bukan karena dia jago masak, tapi karena MSG nya itu.. 😂

Beberapa orang udah rekomendasi sama bumbu instan bamboo, katanya satu-satunya bumbu instan yang gak pake MSG, entah bener entah ngga, tapi aku baca di komposisinya sih emang gak ada.

Dulu banget sebelum kenal sama merek yang sering aku pakai sekarang, udah pernah coba bumbu bamboo rasa soto ayam ini, tapi sekarang udah lupa lagi rasanya.. Hehe Jadi masak pakai ini berasa baru pertama kali lagi.. 😁

(Bamboo Soto Ayam) 
Dari bungkusnya sih, aku pikir bamboo ini terlihat lebih Indonesia ketimbang merek lainya, gak tau kenapa feel nya dapet aja.. Hehe

Di belakanya udah ada cara masak, menurut informasinya sih sudah tidak perlu tambahan lain-lain lagi selain air, tapi kalau aku pribadi, suka aku Kasih bumbu tambahan lagi, soalnya jadinya berasa encer hambar gimana gitu.

(Cara memasak soto ayam ala Bamboo) 

Kalau untuk bumbu tambahannya, nanti bisa dilihat langsung di resep soto ayam yang udah aku buat ya.

Soal rasa, hmm.. Kayanya masih enak merek indofood, rasa soto ayamnya lebih mirip, kalau ini aku pikir kayak terlalu banyak rempah entah jahe, lengkuas atau apa lah. Dari aromanya aja udah beda, dan aku kurang suka aromanya.

Untuk rasa kari dari bamboo aku udah cocok banget,  tapi kalau rasa sotonya, kayanya aku balik lagi ke bumbu favorit aja.

Untuk yang satu ini, ini lah penialian aku:

🍲 Rasa: 3/5
🍲 Aroma: 3/5
🍲 Harga: 3/5
🍲 Beli lagi: ya/ tidak/ mungkin


Wednesday, July 26, 2017

Resep Usus Bumbu Kuning

Masih yang kuning-kuning, kemaren masak acar timun bumbu kuning sekarang usus bumbu kuning, sebenarnya masak usus ini udah dari lama, cuma baru di posting sekarang.. Hehe

Judul sebenarnya edisi dibuang sayang, biar fotonya gak mubazir (lho?😄), secara bikin fotonya lebih penuh perjuangan biar dapet hasil yang instagrmable*, daripada masaknya itu sendiri.. Hihi

Sama kaya nasibnya usus ini, untuk beberapa Negara barat, usus dan segala jeroan tidak pernah diolah jadi hidangan alias di buang, malah ada yang pikir kalau itu sesuatu yang menjijikan, tapi kalau di Indonesia apa pun bisa jadi enak di makan..mungkin demi kata "dibuang sayang"..😉

Tapi serius usus bumbu kuning ini emang enak dan gurih, apa lagi aroma kemangi yang aku pakai di dalamnya bikin sama sekali gak "bau" usus. Hmm.. Kalau usus emang harus bersih ya bu ibu cucinya, karena kalau ngga bisa bau.

Ya sudah, daripada di buang sayang, ini nih resepnya, selamat mencoba!

RESEP USUS BUMBU KUNING
ala Dapur Mama Badar

(Usus Bumbu Kuning) 

Waktu memasak: 45 menit
Porsi: 4 orang

Bahan:
🐔 500 gr usus ayam
🐔 150 ml air
🐔 5 sdm minyak

Bumbu:
🐔 25 gr cabe keriting hijau (sekitar sepuluh buah), potong-potong
🐔 1 Batang bawang daun ukuran besar, iris
🐔 10 gr daun kemangi (sekitar satu genggam)
🐔 5 buah cabe rawit merah, iris
🐔 2 lembar daun salam
🐔 1 Batang serai, geprek
🐔 3 cm jahe, geprek
🐔 garam secukupnya

Bumbu halus:
🐔 5 siung bawang merah
🐔 2 siung bawang putih
🐔 4 butir kemiri
🐔 5 cm kunyit

Cara membuat:
🐔 Pertama rebus usus yang telah dicuci bersih sekitar 5-10 menit dengan air di dalam panci, hingga air keruh. Lalu buang air dan tiriskan usus.
🐔 Potong-potong usus kecil-kecil sesuai selera.
🐔 Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus hingga harum.
🐔 Masukan usus, aduk sebentar, lalu tambahkan air.
🐔 Masukan daun salam, jahe, dan serai, masak usus hingga air sedikit menyusut.
🐔 Terakhir masukan daun kemangi, bawang daun, cabe keriting, dan cabe rawit. Tambahkan garam, koreksi rasa.
🐔 Masak hingga bumbu meresap, dan tersisa sedikit air. Resep Usus bumbu kuning siap dihidangkan.

*) Instagramable : foto layak untuk di posting di instagram (kurang lebih gitu artinya 😝)


Popular Posts

About Me

My photo
Terimakasih sudah berkunjung, semoga isi blog ini bermanfaat. Happy Tummy! ^.^
 

2017(c) Dapur Mama Badar | Template by Ipietoon Cute Blog Design | Terms of Service | Contact admin