Skip to main content

Posts

Info Kuliner: Bakso Panghegar Bandung, Kamu Wajib Coba (Part 1)

Satu lagi kuliner Bandung yang gak boleh terlewat kalau jalan-jalan keliling kota kembang: Bakso Panghegar.

Walaupun penjual bakso udah gak terhitung banyaknya, dan hampir setiap belokan ada, tapi lidah gak akan bohong, pasti tahu saja mana yang beneran enak. πŸ˜‹

Aku udah denger nama Bakso Panghegar ini sejak SMP, tapi kalau beneran icip-icip ditempat baru kemaren-kemaren..(maafkan aku yang gak gaul ini..πŸ˜₯πŸ˜„), selebihnya makan kalau ada yang bungkus dan bawa ke rumah..haha

Bakso ini menurut keterangan ibu penjual (aku juga seriusan baru tahu dari sumbernya langsung), kalau Bakso Panghegar ini sudah ada sejak tahun 86-an alias sampai artikel ini di buat, usianya udah lebih dari 30 tahun..lumayan bertahan yaπŸ‘

Sayangnya, aku gak lanjut ngobrol sama yang punyanya karena perut udah keburu laperrr..hehe yang pasti, ini penjualnya (sepertinya sih, gak nanya soalnya) adalah suami istri udah lumayan berumur, dan mereka emang menangani langsung "pasien-pasiennya", jadi ini juga mungk…
Recent posts

Resep Semur Jengkol

Yuhuuuuu... Udah lama gak update blog kesayangan, kalau ini rumah, udah beberapa hari gak disapu, pasti berdebu dan bau 😷

Ngomongin yang bau-bau, jadi inget semur jengkol yang rasanya ajip bangett..walaupun serius ini gak bau-bau banget kok ✌

Kalau aku, jengkol itu selain dijadikan balado jengkol, aku paling suka juga jengkol dibuat semur jengkol. Rasanya jadi berasa makan daging, kalau makannya sambil merem..(gak gitu juga kaliπŸ˜€)

Ya udah, ini dia, yuk cobain..

RESEP SEMUR JENGKOL
ala Dapur Mama Badar

Waktu memasak: 45 menit
Porsi: 2-3 orang
Bahan:
🍲 250 gr jengkol
🍲 air secukupnya untuk merebus
🍲 4 lembar daun salam (2 untuk merebus jengkol, 2 untuk bumbu)
🍲 1 Batang serai, geprek
🍲 3 cm lengkuas, geprek
🍲 3 butir cengkeh
🍲 1/2 sdt merica bubuk
🍲 1/4 sdt pala bubuk
🍲 65 ml santan instan (dicairkan dengan 1000 ml air hangat)
🍲 7 sdm kecap manis
🍲 gula dan garam secukupnya
🍲 minyak untuk menumis

Bumbu halus:
🍲 4 butir kemiri
🍲 5 siung bawang merah
🍲 3 siung bawang putih

Review: Bumbu Inti Kokita A, B, C, D

Masakan Indonesia sebetulnya gak ribet, karena bumbunya ya itu-itu aja, gak akan lepas dari bawang merah, bawang putih, ya gitu deh.

Pernah suatu hari terdampar disalah satu halaman web yang sedang bahas tentang bumbu inti Indonesia, dan aku jadi malah teringat tukang penjual bumbu basah jadi di pasar.

Ya tinggal bilang aja ke penjualnya, misal "bumbu semur", "bumbu rendang", atau apa aja, nanti sama si penjual langsung dibuatkan racikan bumbu yang di butuhkan.

Berarti selain harus pinter dagang, juga harus pinter masak ya kalau mau jadi penjual bumbu 😁

Baru lah setelah aku baca ulasan nya, aku tahu bahwa bumbu-bumbu yang dijual itu disebut bumbu inti.

Sekilas tentang bumbu inti, bahwa ada 3 jenis bumbu inti yang selalu di pakai di apa pun jenis masakan Indonesia,  yaitu:

Bumbu Inti Putih Bumbu inti putih warnanya sesuai namanya putih, isinya terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Kalau mau masak-masakan tinggal aja ditambah bumbu pelengkap apakah itu…

Resep Sate Maranggi (Khas Purwakarta)

Asikkk.. Sudah hari Raya kurban, saatnya panen daging (lho..) hehe. Mendadak bau asap di mana-mana, memang gak asyik kali ya, Idul Adha kalau gak bakar-bakar daging.. Syukur-syukur bisa kurban juga 😊

Dan perlu waspada juga buat yang punya riwayat kolesterol dan darah tinggi, daging kambing bisa jadi musuh dalam selimut.

Kalau aku pribadi sih memang gak terlalu suka daging kambing, yang pasti karena bau khas nya itu yang emang bikin pusing duluan sebelum di makan 😲

Nah, terinspirasi dengan hidangan sate maranggi waktu jalan-jalan lewat Purwakarta, padahal bumbunya cuma kecap aja, tapi rasanya selalu ngangenin.

Sejarah sate maranggi sendiri, menurut sebuah artikel yang dilansir dari situs liputan6.com, kalau dulunya di Purwakarta ada seorang penjual sate jenis ini bernama Mak Ranggi. Dan setelah itu jenis sate yang dijual Mak Ranggi ini disebutlah sate maranggi.

Adapun sate maranggi berbeda dengan sate biasa, yang mana dalam prosesnya sebelum dibakar, sate direndam dulu dengan bumbu r…

Review: Sun V Kaldu Sapi Non-MSG

Paling suka banget denger kata Non-MSG..entah kenapa πŸ˜™πŸ˜ serius, ada kata Non-MSG bawaannya selalu pengen coba.. Dan beruntungnya, makanan-makanan "sehat" kayak gini sekarang udah mulai banyak ya, bu ibu..

Kalau yang lain mungkin biasa aja, bodo amat makanan mau ada msg atau ngga, tapi walau pun aku belum bisa move on 100% dari makana ber-msg, tapi kalau dihadapkan dua pilihan antara yang ber-MSG dan non-MSG pasti aku pilih yang Non-MSG (tapi disesuaikan sama isi dompet juga sih kadang-kadang.. Hihi)

Ada lagi nih aku dapet perbendaharaan kaldu tanpa MSG lainnya, selain kemaren aku udah puas banget sama kaldu Jamur Totole. Kali ini versi kaldu yang hewani, sebetulnya ada 3 varian kaldu Sun V ini: rasa ayam, sapi, dan jamur, tapi aku tertarik coba yang sapi aja, karena di rumah persediaan yang jamur dan ayam masih ada dari brand lain.

Ini mirip- mirip Totole, di jualnya dalam kemasan plastik, jadi gak pakai tempat gitu, mungkin selain menghemat budget kemasan, biar harganya t…

Review UKM: Cireng Banyur Khas D'Kongres Garut

Cireng atau aci digoreng, makanan rakyat Jawa Barat yang paling tenar dan ever lasting. Awalnya cireng hanya sebuah makanan olahan dari tepung tapioka yang ditambah garam lalu dibentuk bulat dan pipih, kemudian di goreng.

Setelah itu mulai berkembang dengan isian sambal kacang di dalamnya. Dan siapa menyangka kini cireng sudah di modif jadi beragam jenis yang unik-unik.

Dan tiba-tiba jadi pengen banget nyobain Cireng Banyur D'Kongres yang satu ini, gak usah jauh-jauh ke Garut, karena ini dijual online juga.

Kemasannya mirip box obat cuma ini lebih besar, karena buat memasukan semua bahan ke dalamnya. Berhubung dalam rangka 17 agustus-an, jadi box nya pakai nuansa perjuangan.

Box berisi cireng mentah 350 gr, bumbu kuah, cabai kering bubuk, dan jeruk nipis.
Dan menurut aku lumayan cukup mantap porsinya, isi cireng bisa untuk 2 orang bahkan 3 orang ditambah anak kecil kaya Badar 😝

Isinya komplit, jadi tinggal eksekusi masak aja. Cirengnya di goreng sampai matang, terus bikin bumbu d…

Resep Cumi Asam Manis

Cumi basah kemaren-kemaren masih mahal seperempat sampai 25 ribu di warung, alamat puasa cumi dulu, padahal aku suka bangetπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ (beda sama jengkol, harga melambung melebihi daging juga, hajar ajah...).

Kalau masak cumi aku sih jadi gak perlu pakai tambahan kaldu apa lagi mecin, soalnya rasanya udah gurih, lebih dari udang.

Dan kalau mau di pakai biasanya aku bersihkan sampai ke kulit arinya, supaya pas dimasak aroma amisnya gak terlalu heboh, belum lagi kalau pakai tintanya.

Kalau mau pake tintanya, bisa cobain resep balakutak hideung, tinta sotong lebih bersahabat bau nya dibandingkan tinta cumi, kata koki di acara masak sih gitu, tapi bener juga, coba aja.

Nah berhubung udah lama gak ketemu cumi,  jadinya aku excited banget, mau masak hidangan favorit:

RESEP CUMI ASAM MANIS 
ala Dapur Mama Badar

Waktu Memasak: 25 menit
Porsi: 2 orang

Bahan:
πŸ™ 150 gr cumi basah segar ukuran besar, bersihkan lalu potong cincin
πŸ™ 100 ml air
πŸ™ 4 lembar daun jeruk
πŸ™ 2 lembar daun salam
πŸ™ 2 Batang s…