Skip to main content

Posts

Showing posts from July, 2017

Review: Totole Kaldu Rasa Jamur (Vegetarian Food)

Kesampaian juga mencoba kaldu Totole rasa jamur yang lagi happening banget di komunitas ibu-ibu sehat anti MSG 😁

Dari awal kemunculan produk ini yang hanya di jual di komunitas-komunitas, terus mulai bisa dibeli bebas via online, masih juga belum beli karena harganya mahal belum ongkir.

Dan setelah maju mundur cantik buat beli, sekarang baru sempat beli, itu pun pas gak sengaja liat di swalayan ada yang begini.

Alhamdulillah..sekarang di swalayan udah banyak menjual pilihan produk-produk non-MSG, karena biasanya harus kerja keras nyarinya,  dan hanya bisa dibeli online. Hmm..berarti semakin melek orang-orang ya..😊


Sebetulnya Totole kaldu rasa jamur ini diperuntukan bagi para vegetarian, yang dari mulai ke kaldu-kaldu gak boleh ada unsur hewani.

Dan semakin tenar dikalangan penggiat diet sehat bebas kolesterol, karena kaldu dari tumbuhan tidak mengandung lemak sama sekali, dan karena sangat alami dan tidak menggunakan MSG, maka ibu-ibu yang punya balita khususnya, berbondong-bondong …

Review: Nissin Mikuya Ramen Tori Kara Flavor (Part 7)

Dari namanya aku malah inget sama satu merek santan kelapa instan.. 😂 udah lama gak makan mie ya.. Lebih tepatnya baru nerusin lagi postingan mie impor (meski cuman namanya doang.. Hehe?)

Ramen Tori Kara Flavor ini masih skuel dari Mikuya ramen,  awalnya aku pikir dari namanya dan penampilannya (yang sama-sama kuah), rasanya bakal mirip-mirip Mikuya Ramen Japanese Curry  ternyata beda tipis sih..

Yang udah baca review aku di part 3, mungkin sekarang udah pada coba beli ke toko terus dipasak,  dan diicip-icip.. 😀 yang belum, mungkin masih inget deskripsi rasa yang udah aku jabarin tentang yang rasa kari Jepang kan? Nah sekarang mari kita bandingkan rasanya dengan versi tori kara ini.. Ada bedanya ga ya..?

Kalau dari warnanya sih jelas beda ya, omong-omong ini cocok banget, bentar lagi agustusan..hehe soalnya warna kemasan mikuya ramen yang ini merah putih gitu.

Kalau dilihat sari ilustrasi fotonya, kayanya gak begitu pedas ya, soalnya warnanya gak merah mencolok atau dikasih efek api…

Resep Tumis Jagung Manis

Jagung manis sangat lezat, dan panganan yang paling populer berbahan baku jagung manis adalah jagung bakar.

Selain jagung bakar, makanan yang identik dengan jagung manis, perkedel jagung maupun bakwan jagung adalah olahan lainnya yang juga enak berbahan dasar jagung manis.

Yang menonjol dari jagung manis dibanding jagung biasa adalah teksturnya yang crunchy, karena kadar air pada jagung manis cukup banyak, dan tentunya rasa manis natural yang tidak tergantikan.

Kalau dipikir-pikir jagung itu kan salah satu Sumber karbohidrat, kalau aku bikin bakwan jagung, berarti di tambah karbohidrat lagi dari tepung, belum lagi nanti pas sudah jadi di makan bersama nasi yang notabene karbohidrat juga, maka menumpuklah karbohidrat di tubuh ini... Tidakkkkk 😂

Jadi bagaimana kalau kali ini kita tumis (orek) saja jagung manisnya, selain menghindari kebanyakan karbohidrat, juga mengurangi penggunaan minyak. Dan ini juga bisa jadi isian resoles lho..

Rasanya juga tak kalah enak dengan perkedel jagung, m…

Resep Soto Ayam

Soto ayam yang paling aku suka adalah soto khas Lamongan, kuahnya kental dan aromanya suka banget.

Salah satu favorit aku adalah soto yang suka di jual di warung-warung tenda kaki lima, rasanya nyaris tanpa modifikasi jadi autentik banget,  top markotop kalau kata pak bondan sih 👌

Kali ini aku akan buat soto ayam, tapi aku mau kombinasi pake bumbu instan bamboo soto ayam jadinya gak ada acara ulek-ulek bumbu ya bu ibu... Dan aku pakai lontong juga, biar berasa soto lontong gerobak.. Hehe

Tapi tetap aku tambahan ini itu, karena di instruksinya biasa banget, kalau gak pakai apa-apa takutnya jadinya kurang mantap.

So, this is it..

RESEP SOTO AYAM
ala Dapur Mama Badar

Waktu memasak: 30 menit
Porsi: 4 orang

Bahan:
🐔 150 gr kol, iris serut
🐔 100 gr kacang kedelai, goreng
🐔 100 gr soun, seduh
🐔 2 potong ayam goreng, swir
🐔 1 buah tomat ukuran sedang, bagi 8 memanjang
🐔 1 buah jeruk nipis, bagi 4
🐔 4 gelas air (sekitar 350 ml)
🐔 1 sdt garam
🐔 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu:
🐔 65 m…

Review: Bamboo Soto Ayam

Kalau aku ya, setelah bikin ayam goreng di rumah, besoknya pasti ancang-ancang bikin soto ayam. Kenapa? Soalnya ungkep ayam goreng yang ga abis hari ini bisa dijadiin pelengkap soto, ayam suwir ceritanya.  Biar gak bosen juga menunya ayam goreng lagi.

Kata orang masak soto ayam ngeracik bumbunya lumayan gampang, tapi jujur aku ampir jarang banget, dan keseringan pakai bumbu yang udah jadi, toh rasanya udah pas banget sama rasa soto ayam yang biasanya.

Sebetulnya ada satu merek yang udah aku percaya banget, dan rasanya relatif tanpa koreksi, tapi sayang komposisinya mengandung MSG.. Hikz

Aku sih bukan orang yang pobia MSG, tapi rasanya kalah ada bahan pengganti yang gak pake MSG, aku mendingan milih yang non-MSG walau kadang harganya lebih mahal.

Kata orang nanti masakannya gak enak kalau gak pake MSG, malah justru itu tantangannya, gimana cara bikin makanan enak alami tanpa MSG. Malahan kalau yang masakan nya enak tapi MSG, bisa jadi bukan karena dia jago masak, tapi karena MSG nya it…

Resep Usus Bumbu Kuning

Masih yang kuning-kuning, kemaren masak acar timun bumbu kuning sekarang usus bumbu kuning, sebenarnya masak usus ini udah dari lama, cuma baru di posting sekarang.. Hehe

Judul sebenarnya edisi dibuang sayang, biar fotonya gak mubazir (lho?😄), secara bikin fotonya lebih penuh perjuangan biar dapet hasil yang instagrmable*, daripada masaknya itu sendiri.. Hihi

Sama kaya nasibnya usus ini, untuk beberapa Negara barat, usus dan segala jeroan tidak pernah diolah jadi hidangan alias di buang, malah ada yang pikir kalau itu sesuatu yang menjijikan, tapi kalau di Indonesia apa pun bisa jadi enak di makan..mungkin demi kata "dibuang sayang"..😉

Tapi serius usus bumbu kuning ini emang enak dan gurih, apa lagi aroma kemangi yang aku pakai di dalamnya bikin sama sekali gak "bau" usus. Hmm.. Kalau usus emang harus bersih ya bu ibu cucinya, karena kalau ngga bisa bau.

Ya sudah, daripada di buang sayang, ini nih resepnya, selamat mencoba!

RESEP USUS BUMBU KUNING
ala Dapur Mama B…

Resep Buncis Tepung Crispy

Siapa bilang cuma jamur aja yang enak di crispy, ternyata masih banyak sayuran lain yang juga enak di bikin crispy.


Nah, kalau buncis crispy sejarahnya: pertama kali aku pernah makan di sebuah resto cepat saji "Poppay" (nampaknya sekarang sudah tak ada lagi.. Padahal menunya lumayan, jarang-jarang resto kaya gini ada sayurannya.. Sayang sekali! 😢)

Dari situ aku yang gak suka buncis, merasakan sensasi yang beda dari sayuran ini, intinya i luv it 👌. Dan kalau aku kangen menu ini (berhubung restonya sendiri udah gak jualan), aku bikin sendiri. Dan coba-coba sapa tahu anakku suka juga (walaupun nyatanya tidak.. hehe Tapi serius ini enak dan rasanya gak biasa!).

Langsung cusss aja yuk...

RESEP BUNCIS TEPUNG CRISPY
ala Dapur Mama Badar


Waktu memasak: 20 menit

Bahan:
🍢100 gr buncis, potong-potong
🍢10 gr tepung biang *
🍢250 gr tepung bumbu *
🍢50 ml air
🍢250 ml minyak goreng

Cara membuat:

🍢 Cuci buncis, siangi ujung-ujungnya, lalu potong-potong. Sisihkan.
🍢 Siapkan tepung bia…

Resep Acar Timun Bumbu Kuning

Fuihhh... Panjang amat judulnya.. Hehe Timun emang jagonya banget buat dibikin acar, selain acar bumbu kuning,  yang paling terkenal ya acar yang pakai cuka itu (entah apa namanya).

Acar sangat cocok dengan menu yang goreng-goreng dan bakar-bakar, konon katanya bisa menetralisir rasa enek dari sisa-sisa minyak atau lemak dari hasil goreng atau bakar.

Di rumah ada timun dan wortel, juga ada ikan nila goreng fix bikin acar aja, hmm.. Tapi kalau ikan kayanya emang cocok dengam acar bumbu kuning ya, nah kalau bikin sate atau iga bakar kayanya acar cuka yang cocok.

So, ini dia, resep acar timun (wortel) bumbu kuning, silahkan di coba ya bu ibu...

RESEP ACAR TIMUN BUMBU KUNING ala Dapur Mama Badar

Waktu memasak: 30 menit
Porsi: 2-4 orang

Bahan:
🍲 200 gr timun,  iris melintang
🍲 100 gr wortel, iria melintang
🍲 100 gr air
🍲 2 lembar daun salam
🍲 2 cm jahe, geprek
🍲 3 sdm minyak goreng
🍲 garam dan gula secukupnya

Bumbu halus:
🍲 5 siung bawang merah
🍲 2 siung bawang putih
🍲 3 butir kem…

Resep Tteokbokki (Khas Korea Selatan)

Drakor boleh merapat lagi... Hehe kalau yang hobi nonton drakor pasti gak asing lagi liat makanan ini, coz di film-film juga banyak.

Aku mah gak penasaran sama drama serinya, tapi sama makanannya, apa lagi setelah demam k-pop merajalela, di Indonesia jadi banyak bertebaran resto-resto ala korea. Setelah kedai ramyun, mungkin bentar lagi pojangmacha yang bakal banyak disudut-sudut jalan. (Itu juga kalau masih musim k-pop ya..)

Kali ini aku coba eksekusi salah satu jajanan rakyat yang paling tenar di Korsel, dan yang lagi hits juga dimasak sama para food blogger..hehe, Tteokbokki.

Tteokbokki adalah jajanan yang terbuat dari tepung beras yang dibentuk silinder dicampur bumbu-bumbu dan sayuran,  yang bahan utamanya terdiri dari Tteok (kue beras) dan saus gochujang.

Kue jenis ini pertama kali dikenal di Dinasti Joseon. Ya sudah, daripada jadi belok ke pelajaran sejarah Korea, ini dia resepnya ya, sis.. 😊

RESEP TTEOKBOKKI  ala Dapur Mama Badar
Waktu memasak: 15 menit
Porsi: 2 orang

Bahan:
?…

Review : La Fonte Bolognese Pasta Sauce

Saus pasta yang satu ini adalah salah satu saus favoritku, sebetulnya ini bukan yang pertama kali aku pakai saus ini, sering banget malah, saking berkesannya malah jadi kepikiran pengen di share di blog... (Begini lah kelakuan emak blogger..xixix)

Aku yakin banget ampir semua orang yang doyan makanan itali, mau itu spaghetti, pizza, etc dan pengen yang praktis-praktis, kayanya langsung lirik saus la fonte ini.


Masih anget, kemaren aku baru bikin spaghetti bolognese dan kalau aku bilang sih, pakai saus yang satu ini gak pernah gagal.

Kombinasi pasta tomat, oregano, dan basil nya udah matching banget. Apa lagi sekarang, karena aku sering banget pakai saus ini, jadi perubaham sekecil apa pun baik rasa maupun kotennya pasti langsung kerasa.

Menurutku sih, la fonte bolognese pasta yang sekarang, lebih banyak dagingnya. Ngerasa gak sih? Yang kemaren aku pakai terutama, pas dituang rasanya kok dagingnya lumayan.

Tapi tetep kalau tanpa masukin daging cincang tambahan, emang gak berasa juga.. …

Resep Spaghetti Bolognese

Ini sih gak usah ditanya enak atau nggak... Pokonya enak banget 😄 makanan barat yang paling nyambung sama lidah orang Indonesia..

Karena dirumahku pak Suami paling anti sama makanan yang aneh-aneh, jadi jarang masak yang western-western gitu (emang gak bisa juga sih.. Hehe) hmm...Pizza contohnya... Tapi bersyukur juga, jadi kalau beli Pizza, makannya gak ada saingan 😝

Tapi kalau anakku mah nyambung-nyamung aja dikasih apa juga, Pizza hayu, makaroni skutel boleh, cream soup hajar, pokonya kalau soal makanan begini-begini, kita se-iya.. Se-kata pokonya.. 😂

Ngomong-ngomong soal spaghetti bolognese, emang jago banget deh resep Italia yang satu ini, enaknya sampe ke tulang! Hihihi

Waktu di Jerman aku pernah liat cara bikin spaghetti bolognese versi orang eropa, jadi ditambahin wine gitu di sausnya, tapi tentu aja aku gak makan, dan di lain waktu akhirnya aku coba-coba bikin yang gak ditambahin wine, dan aku tester ke mereka, dan ternyata gak terlalu ada perubahan rasa yang signifikan k…

Resep Terong Balado

Gak cuma protein hewani yang enak di masak dengan cara balado, untuk para vegetarian juga bisa merasakan nikmatnya pedas-pedas balado dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak mengandung daging dan turunannya.

Semua pasti sepakat, kalau telor balado dan ikan kembung balado emang ajib banget! Apa lagi dimakan dengan nasi ngebul-ngebul,  iya kan? 😅

Rasa pedas balado dari campuran cabe merah dan bawang yang menggugah, bikin program diet jadi bubar, karna makannya gembul..hehe

Tapi jangan berkecil hati untuk para vegetarian, yang gak bisa makan telur (karena berasal dari unggas) atau ikan (tapi ada juga aliran vegetarian yang membolehkan ikan), tenang... Dapur Mama Badar kali ini akan memberikan inspirasi sayuran yang juga enak di balado, ups.. Selain jengkol balado ya... Hihi

Ini dia,  bu ibu...

RESEP TERONG BALADO Ala Dapur Mama Badar

Waktu memasak: 30 menit
Porsi: 3-4 orang

Bahan:
🍆 400 gr terong ungu, potong memanjang
🍆 6 sdm minyak goreng, untuk menumis
🍆 250 ml minyak goreng, unt…

Review: Nissin Gekikara Remen Rasa Seafood Pedas (Part 6)

Masih soal rasa ramen, masih penasaran sama semua rasanya, dan tentu aja porsinya yang gak nanggung 😁.

Kemaren kan sudah mengulas Nissin Gikikara Ramen Extra Hot dan Nissin Gekikara Ramen Goreng Rasa Ekstra Pedas, yang gak tahu juga definisi rasa spesifiknya, karena cuma ditulis pedas doang, mungkin emang rasa cabe merah 😂

Nah kali ini akhirnya menemukan juga yang pakai rasa, alias gak rasa cabe doang, secara rasa ramen kan semua emang pedas ya.. Hehe

Ini dia Nissin Gekikara Ramen Rasa Seafood pedas, ekspektasinya tentu selain rasa pedas juga ada rasa lainnya,  kaya udang, cumi,  kepiting atau sejenisnya.

Sebelumnya ini dia penpakan ramennya:

Warnanya lebih hidup, dengan dominan biru. Masih seperti biasa menampilkan tulisan hurup kanji yang eksis dan gambar cabe merah. Cuman karena ini rasa seafood, jadi ilustrasi gambar ditambahkan udang dan teman-temannya. Penasaran banget sama rasanya seriously.. 😣😋

Didalam kemasan ada banyak perintilan yang ditemukan, ada mie tentu saja, bumbu…

Resep Angeun Kacang Beureum (Khas Sunda)

"Tokecang tokecang bala gendir tosblong,
angeun kacang...angeun kacang sapependil kosong,

aya listrik di masigit meni caang katingalna
aya istri jangkung alit karangan dina pipina,

tokecang tokecang bala gendir tosblong,
angeun kacang...angeun kacang sapependil kosong."

Lirik lagu daerah Jawa Barat tersebut mengingatkan aku pada masa masih sekolah dasar, di mana setiap anak di tes menyanyikan lagu tersebut di depan kelas satu persatu.

Yang menarik dari lirik lagu "Tokecang" tersebut adalah terselip daftar menu makanan khas Jawa Barat, mungkin saking membuminya makanan tersebut di tatar Sunda, maka dijadikan lirik lagu daerah. Kenapa tidak sangu tutug oncom? atau pais lauk? atau apalah..apalah...hehe

Angeun Kacang Bereum atau Sayur Kacang Merah ini, memiliki rasa yang segar, karena hadirnya asam jawa di sana. Hmm..mungkin mendekati rasa sayur asem ya, namun tidak menggunakan bahan yang beraneka ragam.

Kacang merah sendiri merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh, u…

Review: Qtela Singkong Rasa Rujak Juhi

Bungkusnya cukup mencolok, aku kira makanan ringan baru, tahu-tahunya Qtela limited edition. Hmm.. Kalau edisi terbatas berarti gak akan ada selamanya ya, langsung aja aku ambil dari rak minimarket.

Kenapa aku beli Qtela singkong rasa rujak juhi ini? Pertama, aku suka banget apa pun makanan berbahan dasar singkong,  no matter what. Kedua, kata "Rujak Juhi": apaan nih?

Alasan kedua menggiring aku mencari tahu, si Juhi iti siapa, apakah penjual rujak di PRJ, atau apakah? Ternyata usut punya usut Rujak Juhi ini makanan tradisional khas Betawi, yang udah langka banget di temui, kalau gak hari-hari besar kota Jakarta, katanya sih begitu, kalau pun ada susah ketemunya.

Rujak Juhi adalah sejenis rujak yang kontennya berisi: mi kuning, kentang rebus, selada, timun, dan suiran sotong bakar, lalu disiram bumbu kacang (yang di dalemnya ada asem-asemnya dari cuka).

"Juhi" sendiri adalah kata untuk sotong yang di bakar, aku pernah sih sekilas lihat di acara kuliner yang bahas r…

Resep Telor Balado

Telor Balado paling sering nangkring di warung nasi, gak cuman waung nasi padang, di warung tegal juga salah satu menu yang kayaknya setiap hari ada. Telor balado salah satu menu lauk hewani yang terbilang murah dibanding lauk hewani lainnya, makanya paling sering dipilih mahasiswa.

Balado sendiri sebetulnya nama sebuah teknik memasak, jadi bukan nama bumbu atau sengaja nama makanan, jadinya balado adalah cara menumis bumbu-bumbu beserta cabe merah yang dihaluskan, dan memang khas asal minangkabau. 
Gak cuman telor aja yang bisa di balado, namun bisa ayam, daging, atau apa pun itu yang memasukan cabe merah giling ke dalamnya, kemudian di tumis bersama rempah-rempah. Citra rasa balado pedas hangat, karena sebetulnya rasa cabe gak sepedas cabe rawit (cengek: bahasa Sunda), tapi karena warnanya yang merah menyala, jadi kesannya emang rada angker di mulut 😝
Resep balado adalah salah satu masakan yang paling pertama aku bisa setelah menumis, lumayan gampang, tapi setingkat lebih sulit dar…

Review: Freshway Ice Ginger

Hmm.. Minuman jahe yang dikemas moderen, jarang-jarang ya. Sebetulnya udah pengen coba dari pertama kali lihat iklannya, tapi baru kesampaian sekarang.

Sebelum di coba, yang kebayang di otak aku sih rasa permen jahe yang kayak di jual di bis kota. Namanya juga jahe ya. Tapi ini aku bilang sih unik, serius.

Mungkin terinspirasi juga sama minuman gula asem atau temulawak ya 😁 tapi aku pribadi sih lebih mengapresiasi ide minuman ini, karena belum ada produk pesaing sampai saat ini.

Kalau secara tradisional, bikin minuman jahe cukup simpel tinggal sediakan sekitar 3 ruas jahe geprek, air hangat, 1-2 sendok makan madu, selesai. Sensasi hangatnya, nyaman banget di perut dan tenggorokan. Nah kalau pengen yang versi lebih manis, bisa didihkan gula merah bersama air.

Jahe sendiri punya banyak khasiat, dan yang paling aku tahu sih meredakan mual perjalanan. Maklum aku kan suka mabok perjalanan gitu.. 😥

Pernah beberapa tahun lalu, aku pakai salah satu maskapai penerbangan punya Australia menuj…

Review: Nissin Gekikara Ramen Goreng Extra Pedas (Part 5)

Kalau kemaren-kemaren udah di review Nissin Gekikara Ramen Extra Pedas versi kuah, sekarang aku penasaran untuk yang versi gorengnya, buat yang belum coba juga dan penasaran, boleh disimak ya...

Entah kenapa Ramen identik dengan rasa pedas, beda kaya mie instan ala Indonesia ya, ya bubuk cabenya bisa dipilih, mau di pakai atau ngga, kalau Ramen ampir semuanya gak ada pilihan, jadi kalau yang gak suka pedas,  bisa makan mie nya aja tanpa bumbu 😁

Hmm.. Kalau yang versi kuahnya, kesan yang aku dapat setelah icip-icip rasa bubuk cabenya emang lumayan dominan, disamping setelah itu rasa gurih dan agak-agak ada aroma udang menyeruak lah di mulut hingga seruputan terakhir 😄

Nah.. Kira-kira yang versi gorengnya gimana ya?  Sebelumnya, ayo diperetelin dulu dari bungkusnya, sodara-sodara..

Kalau yang kuah itu merah, yang Nissin Gekikara Ramen goreng ini bungkusnya dominan hitam, mungkin mewakili warna kecap kali ya, tapi so far udah oke banget kemasannya,  terus ditambah gambar bowl yang keba…

Review: Buavita Royale Chloro Broccoli

Hmm.. Gak sengaja beli karena ada promo beli 1 liter gratis tumbler.. Hehe lumayan lah ya, dengan harga segitu kan biasanya cuma dapet tumbler nya aja kalo beli merek plastik terkenal yang itu tu.. 😝 Nah ini dapet minuman sekaligus tempat minumnya dan kualitas tempat minumnya juga gak ala-ala yah, emang aslinya Bagus.. (Gagal fokus, malah bahas bonusnya..)

Sebetulnya kalau tidak salah, aku lihat di rak supermarket Buavita Royale ini terbilang baru, dan udah cukup banyak juga variannya, yang dulu aku pertama kali beli itu rasa berry jadi perpaduan aneka jenis berry kayak blueberry, strawberry, dan blackberry.. Rasanya juara buat ngilangin dahaga. Nah, sekarang yang varian Chloro Brocolli ini aku baru pertama kali liat. Hmm.. Rasanya gimana ya?

Sebelum bahas rasa, aku cukup terpukau juga dengan bungkusnya, gak biasanya aja minuman Sari buah dikemas dengan kardus warna hitam, kesannya jadi malah angker banget. Tapi karna itu penampakannya emang jadi mewah banget, sesuai namanya, dan har…