Skip to main content

Posts

Showing posts from March, 2017

Resep Sangu Tutug Oncom (Khas Sunda)

Sangu tutug oncom atau nasi dengan campuran oncom tumbuk ini memang khas sekali di daerah Jawa barat.  Rasanya gurih pedas menjadi cara lain menikmati nasi putih.

Menurut literatur,  sangu tutug oncom sudah ada sejak jaman penjajahan, di mana hidangan ini hadir sebagai salah satu menu sarapan sebagian orang sunda pribumi kala itu,  di mana tidak banyak pilihan teman nasi yang mumpuni,  maka sajian oncom yang di masak seperti ini menjadi pilihan yang cukup populer.  At least,  sampai sekarang.

Sangu tutug oncom yang akan aku buat ini adalah versi legendarisnya, menu tidak di modif sama sekali, apakah itu dengan tambahan campuran bubuk tempe, kerupuk, dan lain-lain.  Rasanya sederhana dan menggugah,  check this out...

RESEP SANGU TUTUG ONCOM
ala Dapur Mama Badar


Waktu memasak: 20 menit
Porsi: 2 orang

Bahan:
2 piring nasi panas
75 gr oncom Bandung

Bumbu tumbuk kasar:
3 ruas kencur
2 siung bawang merah
5 butir cabai rawit merah
1 sdt garam

Cara:
🍚 tumbuk kasar semua bumbu,  masukan ke dal…

Resep Martabak Telor Simpel

Pengennya sih beli martabak telor abang-abang, tapi minyaknya itu lohhhh bisa dipake lagi buat tumisan.. Hehe tapi gimana ya rasanya emang enak banget 👌. Apa lagi martabak telor kubang disimpang Dago-Bandung, itu rasanya..haduhh.. Enak bangettt.. Dan kayanya kalau aku kesana lagi, bakal berasa muda lagi.. *lebay*

Tapi disini aku bukan akan review rasanya martabak kubang simpang dago itu ya..😀 kalau penasaran silahkan langsung datang aja ke lapaknya. Martabak yang akan aku bikin sama sekali bukan martabak kubang (takut tar kalian kecewa.. 😁), bikin martabak kubang modalnya agak gede,  jendral! 😩 kebetulan aku lagi gak ada stok daging berikut bumbu rahasianya yang enatah apa,  bikin martabaknya jadi enak..tapi mungkin someday aku akan eksekusi resepnya ya...

Sekarang aku mau buat martabak yang sederhana aja, karena bahagia itu sederhana.. Halah.  Well,  this is it..

RESEP MARTABAK TELOR
ala Dapur Mama Badar


Waktu memasak: 30 menit
Porsi: 15 buah

Bahan:
15 lembar kulit lumpia
3 butir …

Resep Udang Saus Padang

Ini dia resep udang saus Padang.. 
Enak dirasa enak dipandang... 
Tak pedas seperti rendang.. 
Cocok untuk makanan rantang... 
...
Tang.. Tang.. Tang.. 

Halah.. Jadi berpantun begini, kan biar terasa melayu, orang melayu bukannya suka berpantun ya? 😁.. Ini gegara hari ini aku mau bikin resep saus Padang, meskipun apakah di Padang ada masakan kaya gini.. ? Hehe mungkin karena rasanya ada pedas-pedasnya.. Beda sama resep udang saus inggris. 

Biasanya kalau beli seafood, selalu ada pilihan "saus Padang"..rasanya agak pedes, manis,  dan gurih.. Semua udah pada hapal mungkin ya.. Kali ini aku mau bikin saus Padang buat udang  kebetulan dapet udang lumayan besar-besar, jadi sayang aja kalau dijadiin udang krispi doank. Yuk, ini dia...

RESEP UDANG SAUS PADANG
ala Dapur Mama Badar


Waktu memasak: 45 menit
Porsi: 2-3 orang

Bahan:
250 gr udang ukuran sedang-besar,  buang kepala dan bersihkan.
4 lembar daun jeruk
1 batang bawang daun, iris
1/2 buah bawang bombai,  iris
2 ruas jahe,  geprek
2…

Ikan Kembung Bakar

Kemaren-kemaren masak tu'um peda (khas sunda).. ikan kembung versi ikan asinnya 😁. Sekarang akan aku olah menjadi sesuatu masakan berbahan ikan kembung basah. Kebetulan,  di warung dapet ikan kembung besar-besar. Kalau di masak balado kayanya bosen,  gimana kalau kali ini aku bikin jadi ikan bakar ala ala pantura.. Hihihi

Gak perlu pake areng-areng, masaknya praktis bisa di atas teflon aja. Kalau soal rasa, udah oke banget apa lagi dicampur sama sambal kecap.. 👌

Well,  this is it....

RESEP IKAN KEMBUNG BAKAR
ala Dapur Mama Badar


Waktu memasak: 60 menit
Porsi: 3 orang

Bahan 1 (ikan bakar):
3 ekor ikan kembung ukuran besar, bersihkan
Margarin untuk olesan saat dipanggang

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
3 ruas kunyit
3 ruas jahe
2 sdm garam

Bahan 2 (sambal kecap ala dabu-dabu):
5 sdm kecap manis
15 buah cabe rawit,  iris
5 buah bawang merah, iris
1 buah jeruk limau

Cara:
🐟 setelah ikan bersih, kucuri jeruk nipis,  sisihkan.
🐟 siapkan bumbu halus, lalu lumuri bumbu tersebut di at…

Sup Ceker Ayam (MPASI 12+)

Beli ceker ayam di warung,  pengen dijadiin seblak, gak ada waktu buat meracik bumbu nya..mana cabe rawit juga lagi mahal banget, ya sudah bikin yang gampang dan bergizi.

Ini menu paling sering dikasih ke balita (tiap liat ibu-ibu lagi nyuapin ankanya kebetulan liat menunya seringnya yang gini..seragam), mungkin karena gizinya lengkap banget ya, anakku kurang suka sama sayur sebenernya, tapi kalau sop lumayan masuk😍

Sop sendiri makana yang disajikan panas (versi internasional), jadi kalau sekarang ada istilah sop buah itu agak rancu, kecuali sop buahnya hangat..hehe kali ini aku akan meracik ceker dan sayur mayur, menjadi hidangan super enak dan simpel..ribetnya cuma motongin bahan-bahannya aja😥😁

Ini dia.....

RESEP SOP CEKER
ala Dapur Mama Badar



Waktu memasak: 30 menit
Porsi: 2-4 orang

Bahan:
250 gr ceker ayam, bersihkan
100 gr wortel, potong kecil
100 gr kentang, potong kecil
50 gr buncis,  potong kecil
50 gr kol, potong
1 tangkai bawang daun,  iris
1 buah tomat ukuran sedang, bagi…

Resep American Resol Simpel

Kalau aku ketemu makanan di kotak,  itu gak jauh-jauh dari resol.. Hehe ngga selalu sih tapi cukup sering. Kue yang biasanya rasanya asin ini selalu dibarengi dengan isian,  entah itu sayuran,  daging,  kelapa, atau apa pun.

Dulu aku gak bisa membedakan mana resol dan keroket,  belakangan ternyata itu dibedakan dari tekstur kulitnya 😁 sebetulnya aku biasa aja sama kue resol,  suka-suka banget tidak,  gak suka juga tidak. Yang pasti kalau lagi kenyang makan resol rasanya bikin perut penuh, karena kulitnya itu loh.... Tebeeeelll banget.

Dua hari yang lalu anakku bingung makan siang mau apa, di kulkas kebetulan ada sosis dan sisa roti gandum tawar,  dan terpikir bikin resol ala-ala... 😀 gak pake ribet bikin kulit,  dan gak pake ribet bikin isian,  coz di kulkas cuman ada sosis doang.

Jadi american resol kali ini,  sebetulnya risolnya amerika bagian Bandung.. Hehe mostly,  amerikan resol yang betulan terdiri dari daging asap,  mozorela, sosis,  dan telur,  terus ada juga yang dikasih ma…

Resep Thai Banana Roti (Street Food Thailand)

Bosen dengan cilok,  baso tahu,  batagor, sempol,  gorengan? Ngga! Jajanan kaya gini gak pernah bosen ya.. Jenis jajanan jalanan (baca: jenis kuliner ringan yang dijajakan di pinggir jalan) gak mengenyangkan tapi cukup ampuh buat ganjel perut.

Aku baca sebuah komik asal thailand di webtoon, dan dalam komik itu menampilkan makanan yang kayanya cukup enak, lebih ke penasaran aja sih. Pernah ke Thailand? Sama,  aku juga belom 😁.. Ada jajanan rakyat namanya "Thai Banana Roti" ini aku bukan alai,  tapi nama makannya emang begitu,  campur-campur antara bahasa inggris dan bahasa Thailand. Sudah terbayang bukan makanan ini berbahan apa?  Ya,  roti 🍞 , pisang 🍌, dan telur 🐣. Kalau di samakan dengan jajanan Indonesia, ini populernya kaya martabak, gerobaknya juga mirip-mirip.

Harganya lumayan sekitar 3 jutaan 😎 (itu kalo langsung beli di sana, karena di hitung ongkos PP pake pesawat komersil dan penginapan semalam.. 😂). Nah,  ngga usah buang uang dan waktu, mari bikin sendiri sa…