Skip to main content

Posts

Showing posts from 2017

Review: Kopi Java Preanger, Kopi Arabika dengan Aroma yang Kuat

Sebenarnya aku bukan master di bidang kopi, cuma gegara nonton liputan di TV1 tentang sejarah kopi di Indonesia. Dan mendengar nama gunung Manglayang disebut-sebut di sana 😁 Jadi merasa tergerak buat tahu lebih banyak, dan setelah itu aku jadi menemukan alasan kenapa Dee Lestari bikin novel filosofi kopi (walaupun belum pernah juga baca sih.. Hehe).

Ada cerita panjang dibalik segelas kopi yang kita minum, bahkan di negara eropa acara minum kopi udah jadi semacam kultur, tiada hari tanpa kopi. Mungkin itu juga yang membuat, kenapa dulu Belanda begitu agresif memberlakukan tanam paksa kopi di beberapa daerah di Indonesia.

Indonesia memang salah satu negara penghasil biji kopi terbesar dunia (kalau gak salah no 3 gitu ya?). Mulai dari sabang sampai merauke kita punya jenis kopi dengan cita rasa yang khas. Namun, sudah kenal dengan Java Preanger Coffee? Konon katanya ini adalah jenis kopi tertua yang pernah dibudidayakan di Indonesia.

Java Preanger Coffee atau Kopi Java Preanger (KJP) a…

Resep Mac and Cheese ( MPASI 24+)

Di rumah selalu nyetok pasta, bukan gaya-gayaan juga.. Soalnya ini makanan lain selain telor yang anaku pasti gak akan nolak. Ibaratnya cuman di rebus doang udah gitu dikasih sedikit butter pas udah mateng, udah gitu doang juga jalan.

Biasanya kalau lagi gak males, pasta (mostly spaghetti or macaroni) suka aku bikin skutel atau saus bolognese, atau cari-cari resep di internet. Kali ini aku nemu resep Mac and Cheese dan tergerak buat bikin, kalau aku baca-baca blog masak luar, menu ini udah umum banget terutama sebagai kids menu.

Ternyata bikinnya emang gak susah, bumbunya juga gak ribet dan gak terlalu gurih buat anak-anak, mantap pokonya. Tekstur yang milky bikin ketagihan, kaya kalau makan seblak nambah lagi.. Nambah lagi.. 😁

Mac and Cheese adalah menu pasta tercepat dibikinnya, cuma butuh waktu 10 menit aja.. Hehe jadi gak bikin anak keburu menabuh piring dan garpu menunggu makanan yang kelamaan masaknyaπŸ˜‚

Selamat mencoba....

Resep Mac and Cheese Ala Dapur Mama Badar
Waktu memasak:…

Review: Sotoji, Soto Jamur Instan Enak Non-MSG

Dari pertama kali aku lihat,  aku udah sangat penasaran. Pertama, aku baru pertama kali lihat bihun tapi dikemas instan pakai cup, kedua, rasa soto jamur menurutku unik banget apa lagi ini gak mengandung MSG.

Aku dapat ini dengan harga sekitar 9000, mungkin mahal kalau dibandingkan mie instan cup yang lain ya, tapi menurut aku sih gak masalah juga, karena aku suka sama apa yang dia tawarkan, selain dia kaya bumbu (rasa tetap mantap meski tanpa MSG), dan cupnya terbuat dari material kertas, bukan sterofom. Jadi kayanya kalau kelamaan di seduh bisa rembes gitu airnya, tapi kalau diseduh langsung di makan, masih ada semacam lapisan plastik tipis gitu (mirip-mirip kaya bungkus nasi warna coklat itu lho..).

Dilihat dari bahan-bahannya sih aku pikir cukup alami, gak banyak yang aneh-aneh, paling cuma satu tuh yang pake bahasa kimia: Maltodextrin. Menurut Yang aku baca itu memang salah satu zat yang suka ditambahkan pada produk pangan (dan tidak bahaya), gunanya untuk mempertahankan tekstur …

Review: Arirang Extra Hot Fried Noodle (Part 8)

Jalan-jalan ke swalayan,  eh langsung tertuju ke sebuah etalase mie instan.. Xiixixi aduh.. Puasa mie instan emang gampang-gampang susah 😭.  Apalagi kalo yang dilihat ramyun-ramyunan.

Oh iya, pas aku nulis review ini aku bahkan gak inget udah sampai ke part berapa, mengenai ulasan seputar mie impor.. Hehe saking lamanya gak nemu yang baru-baru lagi. 😁

Jadi,  jujur aku ubek-ubek lagi kategori review yang pernah aku tulis..  Buat yang penasaran bisa di intip juga disini : review ramen dan ramyun part 1 - part 7.

Yang bikin mie ini langsung menyita perhatianku tentu saja tulisan korea yang sangat eksisi di bungkusnya, tapi setelah di baca lebih dalam ini hampir 90% berbahasa Indonesia dan 10% bahasa Inggris, tentu aja sudah berlabel halal.

Ke dua, setelah lebel halal yang aku cari adalah produsennya, biasanya kalau ini import bakal ada tulisan tulisan importir.. Bla.. Bla.. Bla.. Tapi kayanya sih untuk ramyun yang satu ini diproduksi di Indonesia, atau tepatnya kayanya franchise, soaln…

Resep Mandeln (German Burnt Sugar Almond)

Sebelumnya curhat sedikit dulu, ini tuh ya aku lagi terserang penyakit males nulis blog, tapi tiap lihat blog tak update, rasanya kasian banget..berasa menelantarkan anak..(lebayyyπŸ˜„)

Jadi dengan segenap mood yang masih tersisa, aku mau update lagi, kasian juga yang sering mengunjungi blog aku kalau isinya itu-itu aja. Waktu kamu penting buat saya! 😊

Sebenarnya ada 3 tulisan yang sudah siap terbit, tapi entahlah..bawaannya malessss aja di publish. Jadi kalau baca runing teks di atas πŸ‘†isinya coming soon aja tapi gak coming-coming..harap maklum ya (tapi gak sering-sering kok, serius ✌)

Terus aku juga Alhamdulillah sedang jadi Bumil lagi ya, pemirsa😊 insyallah ini udah jalan 8w2d, musimnya mual muntah.. Hikz

Kelakuan bumil kan kadang aneh-aneh ya, nah ngidam hamil yang sekarang, bawaannya males medsosan (makanya jadi kudet juga..hehe) Seriously, ada bumil yang kaya aku juga ga?

Tapi kalau belanja online mah masih jalan terus walau gak medsosan..wkkkkk (gak ada hubungannya..πŸ˜‚). Liat t…

Ampera, Dari Meja Politik Hingga Meja Makan

Hmm.. Sekarang lagi happening sekali berbicara soal kontroversi film G 30 S-PKI, dimana-mana portal berita lagi heboh bahas soal itu. Setelah sekian tahun film ini berhenti di tayangkan karena satu dan lain hal, tampaknya tahun ini film tersebut akan kembali tayang.

Era tahun 65an, memang tahun-tahun yang sangat membekas di hati masyarakat Indonesia pada umumnya. Dan ternyata membekas juga buat para pecinta kuliner di tahun itu.

Karena ini Dapur Mama Badar, bukan Mama Badar News atau Sejenisnya, jadi gak akan membahas lebih dalam kisah-kisah politik ya, pemirsa 😊.

Yang pasti tahun 60an memang punya sejarah sendiri hingga saat ini. Nah, bicara tahun 60an, buat yang lahir di tahun 80-90an mungkin bisa tanya orang tua masing-masing, mengenai apa yang terjadi di jaman Revolusi itu.

Dan sisa-sisa era Revolusi yang masih bisa kita dengar dalam istilah kuliner Indonesia adalah "Ampera". Kata Ampera dalam ranah kuliner memiliki keterkaitan dengan istilah untuk rumah makan Padang da…

Info Kuliner: Bakso Panghegar Bandung, Kamu Wajib Coba (Part 2)

Kemaren baru bahas sedikit tentang Bakso Panghegar (part 1) ini... Gimana, ada yang penasaran dan udah ada yang langsung cusss ke sana? πŸ˜€ aku sih kayaknya mau lagi, cuma berhubung lumayan jauh dari rumah, butuh perjuangan juga menjangkaunya..

Setelah kemaren ngobrolin soal mie yaminnya yang enak πŸ‘Œ sekarang langsung aja ke bagian utamanya, bakso!

Kuah baksonya aku bilang kemaren pas banget di lidah aku, gak terlalu medok sama lemak-lemak. Nah kalo baksonya, dalam satu porsi itu dikasih 2 bakso halus, 1 bakso urat, dan tambahan kayak sayuran dan topping (ceker, siomay, dan lainnya)

Keliatannya kaya sedikit ya? πŸ˜‚ tapi serius, ini porsinya menurut aku manusiawi banget.. Gak kebanyakan, gak sedikit juga. Kalau sekarang lagi heboh tuh bakso-bakso gede-gede, belum lagi ada yang beranak segala macem, buat aku sih ini malah enek, karena kebanyakan.. πŸ˜€ (kecuali mungkin yang suka porsi gede kayak gini)

Bakso Panghegar ini meski keliatannya kayak dikit, tapi rasanya bikin puas, dan kenyangnya…

Info Kuliner: Bakso Panghegar Bandung, Kamu Wajib Coba (Part 1)

Satu lagi kuliner Bandung yang gak boleh terlewat kalau jalan-jalan keliling kota kembang: Bakso Panghegar.

Walaupun penjual bakso udah gak terhitung banyaknya, dan hampir setiap belokan ada, tapi lidah gak akan bohong, pasti tahu saja mana yang beneran enak. πŸ˜‹

Aku udah denger nama Bakso Panghegar ini sejak SMP, tapi kalau beneran icip-icip ditempat baru kemaren-kemaren..(maafkan aku yang gak gaul ini..πŸ˜₯πŸ˜„), selebihnya makan kalau ada yang bungkus dan bawa ke rumah..haha

Bakso ini menurut keterangan ibu penjual (aku juga seriusan baru tahu dari sumbernya langsung), kalau Bakso Panghegar ini sudah ada sejak tahun 86-an alias sampai artikel ini di buat, usianya udah lebih dari 30 tahun..lumayan bertahan yaπŸ‘

Sayangnya, aku gak lanjut ngobrol sama yang punyanya karena perut udah keburu laperrr..hehe yang pasti, ini penjualnya (sepertinya sih, gak nanya soalnya) adalah suami istri udah lumayan berumur, dan mereka emang menangani langsung "pasien-pasiennya", jadi ini juga mungk…

Resep Semur Jengkol

Yuhuuuuu... Udah lama gak update blog kesayangan, kalau ini rumah, udah beberapa hari gak disapu, pasti berdebu dan bau 😷

Ngomongin yang bau-bau, jadi inget semur jengkol yang rasanya ajip bangett..walaupun serius ini gak bau-bau banget kok ✌

Kalau aku, jengkol itu selain dijadikan balado jengkol, aku paling suka juga jengkol dibuat semur jengkol. Rasanya jadi berasa makan daging, kalau makannya sambil merem..(gak gitu juga kaliπŸ˜€)

Ya udah, ini dia, yuk cobain..

RESEP SEMUR JENGKOL
ala Dapur Mama Badar

Waktu memasak: 45 menit
Porsi: 2-3 orang
Bahan:
🍲 250 gr jengkol
🍲 air secukupnya untuk merebus
🍲 4 lembar daun salam (2 untuk merebus jengkol, 2 untuk bumbu)
🍲 1 Batang serai, geprek
🍲 3 cm lengkuas, geprek
🍲 3 butir cengkeh
🍲 1/2 sdt merica bubuk
🍲 1/4 sdt pala bubuk
🍲 65 ml santan instan (dicairkan dengan 1000 ml air hangat)
🍲 7 sdm kecap manis
🍲 gula dan garam secukupnya
🍲 minyak untuk menumis

Bumbu halus:
🍲 4 butir kemiri
🍲 5 siung bawang merah
🍲 3 siung bawang putih

Review: Bumbu Inti Kokita A, B, C, D

Masakan Indonesia sebetulnya gak ribet, karena bumbunya ya itu-itu aja, gak akan lepas dari bawang merah, bawang putih, ya gitu deh.

Pernah suatu hari terdampar disalah satu halaman web yang sedang bahas tentang bumbu inti Indonesia, dan aku jadi malah teringat tukang penjual bumbu basah jadi di pasar.

Ya tinggal bilang aja ke penjualnya, misal "bumbu semur", "bumbu rendang", atau apa aja, nanti sama si penjual langsung dibuatkan racikan bumbu yang di butuhkan.

Berarti selain harus pinter dagang, juga harus pinter masak ya kalau mau jadi penjual bumbu 😁

Baru lah setelah aku baca ulasan nya, aku tahu bahwa bumbu-bumbu yang dijual itu disebut bumbu inti.

Sekilas tentang bumbu inti, bahwa ada 3 jenis bumbu inti yang selalu di pakai di apa pun jenis masakan Indonesia,  yaitu:

Bumbu Inti Putih Bumbu inti putih warnanya sesuai namanya putih, isinya terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Kalau mau masak-masakan tinggal aja ditambah bumbu pelengkap apakah itu…

Resep Sate Maranggi (Khas Purwakarta)

Asikkk.. Sudah hari Raya kurban, saatnya panen daging (lho..) hehe. Mendadak bau asap di mana-mana, memang gak asyik kali ya, Idul Adha kalau gak bakar-bakar daging.. Syukur-syukur bisa kurban juga 😊

Dan perlu waspada juga buat yang punya riwayat kolesterol dan darah tinggi, daging kambing bisa jadi musuh dalam selimut.

Kalau aku pribadi sih memang gak terlalu suka daging kambing, yang pasti karena bau khas nya itu yang emang bikin pusing duluan sebelum di makan 😲

Nah, terinspirasi dengan hidangan sate maranggi waktu jalan-jalan lewat Purwakarta, padahal bumbunya cuma kecap aja, tapi rasanya selalu ngangenin.

Sejarah sate maranggi sendiri, menurut sebuah artikel yang dilansir dari situs liputan6.com, kalau dulunya di Purwakarta ada seorang penjual sate jenis ini bernama Mak Ranggi. Dan setelah itu jenis sate yang dijual Mak Ranggi ini disebutlah sate maranggi.

Adapun sate maranggi berbeda dengan sate biasa, yang mana dalam prosesnya sebelum dibakar, sate direndam dulu dengan bumbu r…

Review: Sun V Kaldu Sapi Non-MSG

Paling suka banget denger kata Non-MSG..entah kenapa πŸ˜™πŸ˜ serius, ada kata Non-MSG bawaannya selalu pengen coba.. Dan beruntungnya, makanan-makanan "sehat" kayak gini sekarang udah mulai banyak ya, bu ibu..

Kalau yang lain mungkin biasa aja, bodo amat makanan mau ada msg atau ngga, tapi walau pun aku belum bisa move on 100% dari makana ber-msg, tapi kalau dihadapkan dua pilihan antara yang ber-MSG dan non-MSG pasti aku pilih yang Non-MSG (tapi disesuaikan sama isi dompet juga sih kadang-kadang.. Hihi)

Ada lagi nih aku dapet perbendaharaan kaldu tanpa MSG lainnya, selain kemaren aku udah puas banget sama kaldu Jamur Totole. Kali ini versi kaldu yang hewani, sebetulnya ada 3 varian kaldu Sun V ini: rasa ayam, sapi, dan jamur, tapi aku tertarik coba yang sapi aja, karena di rumah persediaan yang jamur dan ayam masih ada dari brand lain.

Ini mirip- mirip Totole, di jualnya dalam kemasan plastik, jadi gak pakai tempat gitu, mungkin selain menghemat budget kemasan, biar harganya t…

Review UKM: Cireng Banyur Khas D'Kongres Garut

Cireng atau aci digoreng, makanan rakyat Jawa Barat yang paling tenar dan ever lasting. Awalnya cireng hanya sebuah makanan olahan dari tepung tapioka yang ditambah garam lalu dibentuk bulat dan pipih, kemudian di goreng.

Setelah itu mulai berkembang dengan isian sambal kacang di dalamnya. Dan siapa menyangka kini cireng sudah di modif jadi beragam jenis yang unik-unik.

Dan tiba-tiba jadi pengen banget nyobain Cireng Banyur D'Kongres yang satu ini, gak usah jauh-jauh ke Garut, karena ini dijual online juga.

Kemasannya mirip box obat cuma ini lebih besar, karena buat memasukan semua bahan ke dalamnya. Berhubung dalam rangka 17 agustus-an, jadi box nya pakai nuansa perjuangan.

Box berisi cireng mentah 350 gr, bumbu kuah, cabai kering bubuk, dan jeruk nipis.
Dan menurut aku lumayan cukup mantap porsinya, isi cireng bisa untuk 2 orang bahkan 3 orang ditambah anak kecil kaya Badar 😝

Isinya komplit, jadi tinggal eksekusi masak aja. Cirengnya di goreng sampai matang, terus bikin bumbu d…

Resep Cumi Asam Manis

Cumi basah kemaren-kemaren masih mahal seperempat sampai 25 ribu di warung, alamat puasa cumi dulu, padahal aku suka bangetπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ (beda sama jengkol, harga melambung melebihi daging juga, hajar ajah...).

Kalau masak cumi aku sih jadi gak perlu pakai tambahan kaldu apa lagi mecin, soalnya rasanya udah gurih, lebih dari udang.

Dan kalau mau di pakai biasanya aku bersihkan sampai ke kulit arinya, supaya pas dimasak aroma amisnya gak terlalu heboh, belum lagi kalau pakai tintanya.

Kalau mau pake tintanya, bisa cobain resep balakutak hideung, tinta sotong lebih bersahabat bau nya dibandingkan tinta cumi, kata koki di acara masak sih gitu, tapi bener juga, coba aja.

Nah berhubung udah lama gak ketemu cumi,  jadinya aku excited banget, mau masak hidangan favorit:

RESEP CUMI ASAM MANIS 
ala Dapur Mama Badar

Waktu Memasak: 25 menit
Porsi: 2 orang

Bahan:
πŸ™ 150 gr cumi basah segar ukuran besar, bersihkan lalu potong cincin
πŸ™ 100 ml air
πŸ™ 4 lembar daun jeruk
πŸ™ 2 lembar daun salam
πŸ™ 2 Batang s…

Resep Peyeum Goreng Bandung

Bandung terkenal dengan makanan khasnya peyeum (Tape Singkong). Peyeum ini adalah hasil peragian singkong, rasanya manis dengan tekstur yang kenyal.

Rencana awal pengen bikin prol tape, udah beli tape singkongnya dari hari apa, tapi karena kelamaan jadi tapenya dibikin yang lain-lain deh.

Salah satunya menjelma jadi Peyeum goreng, yang manis dan lembut serta perpaduan kres-kres dari tepung, pokonya enak banget buat teman minum teh, apa lagi pas ujan-ujan..

RESEP PEYEUM GORENG BANDUNG
Ala Dapur Mama Badar

Waktu memasak: 30 menit
Porsi: 4-5 orang

Bahan:
🍘 250 gr Tape singkong
🍘 150 gr tepung terigu
🍘 1/4 sdt vanili bubuk
🍘 2 sdm gula pasir
🍘 75 ml air (atau dikira-kira hingga kekentalan yang diinginkan)
🍘 minyak untuk menggoreng

Cara:
🍘 Campurkan terigu, air, dan semua bahan kecuali tape dalam wadah, buat adonan yang tidak terlalu encar dan tidak terlalu kental.
🍘 Bagi dua tape, kemudian sedikit pipihkan.
🍘 Masukan tape ke dalam adonan tepung, balur hingga merata.
🍘 Sebelumnya …

Resep Ceker Bumbu Kuning

Udah lama gak masak ceker, eh ibu-ibu di tempat anakku sekolah malah "botram" bikin seblak ceker, tapi yang namanya makan bareng gak bisa juga ngambil banyak-banyak ya, nanti yang lain gak kebagian πŸ˜‚ makanya karena masih pengen lanjut aja masak di rumah.. Hehe

Terus pak Suami pun request ceker, sebetulnya rencana awal mau bikin sop ceker tapi dipikir-pikir lagi males-malesnya masak, harus motongin sayurannya, belum siapin bumbunya... Huaaaa sudah lah bikin ceker bumbu kuning. Sekalian memuaskan rasa penasaran, karena udah coba beberapa kali gagal terus πŸ˜₯😁

Tapi tenang, kali ini lumyan sukses, berkat ngintip-ngintip resep di blog orang lain juga, dan sedikit kreativitas dan Cinta.. Halah 😝

RESEP CEKER AYAM BUMBU KUNING
ala Dapur Mama Badar

Waktu memasak: 60 menit
Porsi: 2-3 Orang

Bahan:
πŸ” 250 gr ceker ayam, bersihkan
πŸ” 1000 ml air (untuk merebus)
πŸ” 1 gelas air (untuk memasak)
πŸ” 3 cm jahe, geprek
πŸ” 3 cm lengkuas, geprek
πŸ” 1 sdt kaldu bubuk ayam
πŸ” garam dan gula secuku…