Skip to main content

Posts

Showing posts from January, 2019

Resep MPASI 8+: Bubur Beras Merah Chicken Cake

Terinspirasi dari makanan dengan nama " fish cake "... Walaupun aku gak yakin banget dengan makanan itu cake tapi dari ikan? How come?! Entah itu rasanya manis atau asin, atau apa pun itu cuma sejujurnya aku emang beneran baru denger. Setelah googling, ternyata rasanya emang asin coz terbuat dari bahan-bahan kaya kentang dan ikan, terbayang teksturnya yang moist kaya perkedel kentang gitu.

Karena bahan yang ada di kulkas cuma ayam, ya sudah kepikran lah ide bikin " chicken cake " ini. Kalau menurut aku ini cocok banget buat bayi, entah mau dijadikan lauk atau finger food. Serupa nugget cuma gak pake acara di masak deep fry, jadi kayanya lebih sehat gitu ya. Kalau dari referensi cara masaknya itu di goreng di atas minyak sedikit, jadi mirip kaya mau manggang tapi gak punya alat panggang, jadi manggangnya di teflon.. 😁
Kalau aku karena pengen dapet hasil yang super moist dan bebas minyak goreng, jadinya aku buat "kue" ini dengan teknik kukus. Sebetulnya ga…

Resep Chicken Stock (Kaldu Ayam) Simpel MPASI

Awalnya biar bubur bayi nya enak, pakai bumbu ini itu.. Tapi setelah di jalani, hmm.. Kok malah repot ya, ujung-ujungnya semangat yang berkobar-kobar bikin MPASI homemade bisa-bisa kandas cuma gegara gak mau repot.. Hehe sayang banget kan. Padahal sejatinya MPASI itu mudah dan murah.

Jadi solusinya kepikiran juga bikin kaldu yang banyak, udah itu di stok di freezer, butuh tinggal turunin dari freezer semalam sebelumnya, paginya tinggal cemplung-cemplung bahan, selesai. Gak usah pake mikirin bumbu, karena cuma kaldu aja juga rasanya emang enak, dan kalau buat bayiku sih bikin makan lahap 😘.  Dan yang pasti bisa disesuaikan juga dengan kebutuhan, misal gak pake gula, garam, dan penyedap MSG.
Aku udah klik banget sama cara nyetok kaldu ayam ini dan rasanya juga top markotop. FYI, aku udah berkali-kali bikin ini untuk stok. Bahanya simpel gak pake ribet, selain buat MPASI bisa juga buat bikin sop dengan waktu secepat kilat, coz tinggal cemplungin bahan tambah merica dan garam, done. Ini …

Resep Mashed Potato MPASI 6+

Hmm..ini salah satu makanan favorit aku, mashed potato alias perkedel belum jadi..hehe iya kali, tinggal di bulet-bulet terus balur di telor kocok, dan digoreng, maka jadilah perkedel.

Apa lagi kalo pake merica yang banyak, mashed potato ini enak banget buat jadi sarapan. Kalau aku kadang dibikin ala-ala eropa gitu, pake chicken schnitzel (mirip-mirip chicken katsu).

Mashed Potato juga ternyata cocok buat MPASI, karena teksturnya lembut dan lembek, terutama buat bayi yang baru belajar makan. Untuk kentang sendiri boleh di berikan saat usia bayi 6 bulan, tapi sebagian ada yang bilang saat 7 bulan. Untuk resep nya ada di bawah..sekalian bisa dibikin agak banyakan buat ortunya juga..hihihi

RESEP MASHED POTATO 
ala Dapur Mama Badar


waktu memasak: 15 menit
porsi: 2

Bahan:
🍠 100 g kentang
🍠 150 ml kaldu ayam
🍠 10 g unsalted butter

Cara:
🍠 Rebus kentang dalam air kaldu hingga kentang empuk, setelah empuk angkat dan tiriskan.
🍠 Lumatkan. Untuk hasil yang lebih padat dan tidak terlalu leng…