Skip to main content

Posts

Showing posts from February, 2018

5 Jenis Pisau Dapur dan Fungsinya

Pisau pasti gak akan lepas dari ibu-ibu yang berkencimpung di dunia dapur ya, sebelum keranjingan nonton acara masak di TV dan terjun langsung di dapur, aku awalnya gak peduli kalau ternyata pisau itu kaya perkakas bengkel, bermacam-macam dan fungsinya juga beda-beda. 
Setahu aku ya pisau itu-itu aja, mau untuk iris, sayat, potong, cincang,dan lain-lain..hehe tapi ternyata dengan mengetahui fungsi pisau secara spesifik, pekerjaan dapur bisa lebih mudah dan cepat lho, apa lagi untuk urusan potong-potong. Karena setiap pisau ternyata dirancang dengan fungsinya masing-masing.
Biar tambah semangat di dapur, akhirnya aku beli di online perkakas pisau yang beraneka ragam itu. Meskipun gak beli untuk versi komplit, tapi, aku pikir 5 jenis pisau ini juga cukup membantu pekerjaan aku. Dan memang pada kenyataannya, gak kepake semua...hihi at least, lihat pisau berjajar begitu berasa ada di dapur master chef..hoho
Aku punya 5 jenis pisau, dengan warna pink yang aku suka banget. Pas aku beli pis…

5 Tips Agar Bolu Tidak Bantet

Bolu yang merekah terlihat sangat cantik dan menggiurkan, beda halnya dengan bolu bantet meskipun rasanya tetap enak, tapi secara penampilan memang tidak menarik, Kecuali kalau memang sengaja bikin brownies yang dicari memang bentuk yang bantet,kalau mengembang justru malah jadinya spons cake, iya kan?
Masih ingat sama bolu pisang bantet buatanku? Hehe..aku juga gak ngerti kenapa hasilnya bisa seperti itu, padahal sudah ikuti petunjuk resep step by step nya dengan tepat (perasaan..), emang sih ini baru pertama kalinya bikin bolu, awalnya aku pikir cara bikinnya gampang, segampang cara makannya..tapi ternyataaa...fuihhh...susah-susah gampang.
Selain fokus di bahan-bahan, biar rasanya enak, ternyata bikin bolu supaya bentknya sempurna, ternyata gak cuma ukuran dan takaran bahanynya yang harus tepat, tapi juga banyak “faktor X” yang mempengaruhi kesuksesan membuat bolu.
Belajar dari kesalaham, selayaknya seorang profesional ( cie...hehe) aku cari-cari banyak bacaan baik di artikel maupu…

Resep Ikan Nila Bumbu Kuning

Udah lama mau post resep ini, cuma belum kesampaian aja, baru sekarang. Ada beberapa resep ikan nila yang belum aku tulis, salah satunya resep ikan nila bumbu kuning, dan ada beberapa lainnya, mungkin besok atau lusa aku tulisnya di blog ya.

Aku sebetulnya kurang suka menu ikan-ikan, padahal ikan bagus ya buat kecerdasan otak. Dari dua jenis ikan, aku lebih suka ikan air laut dibandingkan ikan air tawar, karena rasanya cenderung gak amis dan gak bau tanah. Dan kalau suruh milih ikan air tawar, aku akan milih ikan apa pun itu selain ikan mas.. Karena selain gak suka aromanya, dan banyak durinya.

Ikan Nila salah saru jenis ikan air tawar yang tekstur daginya lembut dan gak ada duri-duri di dalam daging. Salah satu menu favorit aku adalah Ikan Nila bumbu kuning, kebetulan ada yang kasih belimbing wuluh,  jadi ada aroma asem seger gitu, pokonya mantap. Berikut ini resepnya:

RESEP IKAN NILA BUMBU KUNING
Ala Dapur Mama Badar
Waktu memasak: 45 menit
Porsi: 2 orang

Bahan:
🐟 2 ekor ikan nila u…

Review: Chocomory Crunchy Bar Matcha

Buat pecinta matcha sepertinya harus coba choco bar yang satu ini. Aku sendiri sih biasa aja ya sama rasa matcha, cuma choco bar yang satu ini aku pikir cukup unik, rata-rata yang udah beredar di pasaran kebanyakan rasa coklat, belum lagi dengan kandungan gula dan kalori yang lumayan. sedangkan untuk matcha sendiri, sudah diyakini salah satu menu yang bisa dibuat variasi makanan saat diet.

Sebelumnya pengen cerita dulu nih, antara green tea dan matcha awalnya aku pikir sama aja, ternyata ini cukup berbeda, kalau matcha cara bikinnya lebih ribet, sebelum di tumbuk halus dan dijadikan semacam serbuk gitu, daun teh pilihan di tutup pake kantaong gelap, supaya hanya sedikit terpapar matahari, hal ini dilakukan supaya mendapatkan warna daun yang lebih gelap dan pekat. Proses ini bisa 10 hari hingga 30 hari, aku pernah baca ini di mana gitu.

Kalau dari manfaatnya green tea dan matcha sama-sama kaya anti oksidan dan dapat mengikat lemak. Apa pun manfaatnya itu cuma bonus, yang pasti soal ra…

Review: Delito Saus Pasta Bubuk Bolognese

Lagi iseng-iseng milih-milih spaghetti karena stok di rumah udah abis, gak sengaja lihat bungkusan merah kecil di samping rak pasta-pasta. Awalnya aku pikir ini kaldu-kalduan instan gitu, soalnya bungkusnya emang kecil banget untuk ukuran saus pasta, dan lagian tipis banget juga udah kaya model-model smartphone zaman now 😁.

Ternyata itu salah satu inovasi baru saus pasta, yang entah di Italia aslinya sana ada gak yah yang semacam ini 😀.  Bagus lah, jadi banyak pilihan, biasanya kan saus pasta kemasan pake botol kaca, mungkin karena ribet ada juga yang bungkus plastik, dan mungkin masih dianggap ribet jadi dibuat bungkus sasetan kaya kaldu instan gini. Manusia memang ingin yang serba gampang.. Ckckck😆
Nah ini nih... Kalau lihat dari gambar pastanya udah menggiurkan banget ya. Ukuran kemasan saus Delito ini responsif banget, muat di saku belakang celana jeans.. Hehe karena dimensinya emang kecil dan cukup tipis (halah, mulai dah keluar kata-kata techno blogger nya.. Hehe). 
Pas di ke…

Info kuliner: Cuanki dan Batagor Serayu Sensasi Rasa Siomay yang Kres

Di Bandung banyak banget tenpat-tempat buat memanjakan perut dan lidah, sudah tak terhitung banyaknya. Dari tempat sampai harga bervariasi, tinggal pilih saja yang sesuai budget dan selera. Hmm.. Mungkin ini juga alasan Pak Ridwan Kamil bikin acara rutin Bandung Kuliner Malam, yang khusus buat jualan dan beli makanan yang enak dan unik di Bandung.

Ada beberapa tempat yang namanya udah cukup terkenal, mungkin karena sudah dikunjungi banyak orang, bisa karena usianya udah lama atau karena makanannya punya rasa yang enak, atau bisa juga harganya yang murah.

Kebetulan aku habis periksa kesehatan di Dinkes Kota Bandung, ngantri lumayan makan waktu, perut pun keroncongan. Tercetus lah ide buat coba kuliner yang deket-deket situ, katanya sih "Cuanki dan Batagor Serayu" lumayan enak dan katanya juga terkenal.
Ternyata nama Serayu diambil dari nama lokasi tempat warung ini buka, yakni di kawasan Jl Serayu. Kalau warungnya sendiri sih emang warung ala ala kaki lima gitu, bisa dibilan…

Solusi Bolu Pisang Bantat: Disulap jadi Nugget Pisang dan Banyak Lagi

kalau ada istilah "nasi sudah menjadi bubur" untuk sesuatu yang sudah terlanjur, ya begitulah kira-kira nasib eksperimen aku kali ini. rencana bikin bolu pisang, kenyataanya malah bikin bolu bantet pisang 😭.

Jujur, kalau soal rasa ini juara banget..serius, bukan karena aku pembuatnya ya..hehe. tapi kalau soal penampilan, ya gitu deh. Berawal dari lihat sisa pisang raja di dapur udah mateng banget dan mungkin kalau dibiarkan lebih lama lagi bisa-bisa berakhir di keranjang sampah..sayang banget kan. akhirnya sang suami tercinta malah jadi kepikiran bikin bolu pisang, Ide doang sih, bagian eksekusi tetep aja tim kreatif "Dapur Mama Badar" yang terdiri dari dua personel: ibu dan bocah 5 tahun..yang udah kebayangkan suasana bikin kue sama bocah kaya apa..masak sambil ngasuh 😦

karena ini jujur baru pertama kali, sebelumnya nol banget gimana cara bikin bolu pisang, jangankan bolu pisang, bolu  yang lain pun belum pernah...(jadi mungkin termaafkan ya kalau hasilnya jadi …