Skip to main content

Resep Masakan

Makan adalah aktivitas wajib untuk semua individu, namun yang perlu diingat adalah makan tak hanya soal perut terisi dan merasa kenyang, nilai gizi dan potensi nutrisi di dalam makanan yang disantap pun menjadi faktor yang tak kalah penting. Bingung dengan masakan harian, berikut ini referensi resep yang enak dan sehat untuk kamu praktekan, selamat mencoba!

Resep Tahu dan Tempe:
🍛 Resep Mendol Tempe ( Khas Malang)
🍛 Resep Kering Tempe
🍚 Resep Tahu Bubuk
🍤 Resep Nugget Tahu Udang

Resep Ikan Asin:
🍛 Resep Balado Jengkol Teri
🐟 Resep Tu'um Peda (Steam Peda) Khas Sunda
🐟 Resep Teri Kacang

Resep Ikan dan Seafood:
🐙 Resep Balakutak Hideung (khas sunda)
🐟 Resep Pesmol Ikan Kembung
🍤 Resep Udang Saus Inggris
🐟 Resep Ikan Kembung Bakar
🍤 Resep Udang Saus Padang

Resep Sayur, Sop, dan Soto:
🍲 Resep Sayur Bening Sawi Tahu
🍲 Resep Sayur Bening Timun Bakso
🍲 Resep Soto Bandung
🍲 Resep Soto Betawi
🍲 Sup Ceker Ayam
🍲 Sup Iga Sapi
🍲 Angeun Kacang Beureum ( Khas Sunda)
🍲 Soto Lontong
🍲 Sayur Daun Labu Santan
🍲 Resep Soto Ayam
🍲 Resep Sayur Daun Labu Santan
 
 Resep Tumis (Oseng):
🍲 Resep Oseng Kangkung Saus Tiram
🍲 Resep Oseng Genjer Saus Oncom ( Khas Sunda )
🐄 Tumis Kikil
🍲 Tumis (Cah) Brokoli
🍲 Resep Tumis Jagung Manis

Resep Ayam:
🍗  Resep Ayam Goreng Serundeng
🍗  Resep Ati Ampela Bumbu Kecap ( Semur )
🍗 Resep Ati Ampela Masak Kemangi
🍛 Resep Kari Ayam Kampung
🍗 Resep Ayam Kampung Ungkep ( Bumbu Geprek )
🍛 Resep Ayam Lada Hitam
🍗 Resep Ayam Suwir Teriyaki
🐔 Resep Ayam Bumbu Kuning
🍲 Resep Usus Ayam Bumbu Kuning

Resep Telur:
🍳 Resep Telor Balado


Resep MPASI: 
👶 Resep Sayur Bening Sawi Tahu (MPASI 24+)
👶 Resep Sayur Bening Timun Bakso (MPASI 24+)
👶 Resep Dadar Telur Simpel (MPASI 18+)
👶 Sup Ceker Ayam (MPASI 12+)

Resep Telur:
🍳 Resep Dadar Telur Simpel
🍳 Resep Telur Balado

Resep Daging:
 🍢 Resep Sosis Saus Lada Hitam
🍲 Resep Perkedel Daging Kelapa (Khas Banten)

Resep Mie dan Pasta:
🍝 Resep Bakmi Goreng
🍝 Resep Mac and Cheese

Resep Nasi, Mie, Pasta:
🍚 Resep Nasi Goreng Ayam Spesial
🍚 Resep Sangu Tutug Oncom (Khas Sunda)
🍝 Resep Spaghetti Bolognese
🍕 Pizza Nasi (Kerak Telor)

Lain-lain:
🌽 Resep Perkedel Jagung Kriuk 
🍙 Resep Ketupat Lebaran
🍲 Acar Timun Bumbu Kuning
🍕 Saus Pizza ( Pasta, dan lain-lain)


Add Friend

Popular posts from this blog

Review: Totole Kaldu Rasa Jamur (Vegetarian Food)

Kesampaian juga mencoba kaldu Totole rasa jamur yang lagi happening banget di komunitas ibu-ibu sehat anti MSG 😁

Dari awal kemunculan produk ini yang hanya di jual di komunitas-komunitas, terus mulai bisa dibeli bebas via online, masih juga belum beli karena harganya mahal belum ongkir.

Dan setelah maju mundur cantik buat beli, sekarang baru sempat beli, itu pun pas gak sengaja liat di swalayan ada yang begini.

Alhamdulillah..sekarang di swalayan udah banyak menjual pilihan produk-produk non-MSG, karena biasanya harus kerja keras nyarinya,  dan hanya bisa dibeli online. Hmm..berarti semakin melek orang-orang ya..😊

Sebetulnya Totole kaldu rasa jamur ini diperuntukan bagi para vegetarian, yang dari mulai ke kaldu-kaldu gak boleh ada unsur hewani.

Dan semakin tenar dikalangan penggiat diet sehat bebas kolesterol, karena kaldu dari tumbuhan tidak mengandung lemak sama sekali, dan karena sangat alami dan tidak menggunakan MSG, maka ibu-ibu yang punya balita khususnya, berbondong-bondong …

Review: Susu Booster ASI Merek Lactamond (part 2)

Lagi suka cari-cari booster asi tapi gak pengen yang rasa jamu-jamuan. Ketemu lagi sama satu yang rasanya cuco banget.. Kemaren kan udah coba tuh booster asi merek Almom.  Masih judulnya susu almond, aku nemu lagi dari brand Lactamond. Kalau menurut aku sih kayanya susu booster asi yang satu ini bukan buatan pabrikan rumahan, soalnya dari box dan tekstur susunya udah mirip susu ibu menyusui pabrikan besar.

Yang belum sempet baca ulasan aku yang pertama, kenapa aku lebih suka pilih susu nabati daripada susu hewani, karena lemaknya gak banyak dan kata yang udah pengalaman gak bikin busui gendut (tapi kalau di aku emang bener sih, asi lancar badan lumayan singset. 😁), trus buat yang intoleran laktosa (yang makan susu hewani udahnya jadi mencret..) juga gak terlalu beresiko. Gak cuma almond aja ya, kedelai, dll juga bagus.

Balik lagi ulas susu Lactamond, kalau yang kemaren aku coba itu masih mengandung rempah-rempah selain bubuk almond, kalau untuk susu yang satu ini, almond dicampur kac…

Review: Susu Booster Asi Merek Almom ( Part 1 )

Hmm.. ceritanya aku sedang tergila-gila dengan superfood yang satu ini: Almond. lebih tepatnya lagi memburu jenis susu berbahan dasar kacang almond. konon katanya gak bikin ibu menyusui menjadi gendut tapi asi keluar deras 😛 . Untuk ibu yang lagi menyusui bayinya eksklusif maupun tahap lanjutan ( hingga 2 tahun ) sini..sini..boleh merapat ke sini..sharing-sharing...

Tapi aku disini gak akan terlalu fokus ke hasilnya ya, kaya di iklan-iklan susu booster asi ( pamer-pamer berkantong-kantong stok ASIP ), karena aku memang gak nyetok ASIP, secara aku mah apa atuh rumahku adalah kantorku 😚 jadi anakku langsung "mimi di gentongnya".. pernah sih ada niat nyoba lihat hasilnya dengan memerah asi, supaya tahu berapa banyak, tapi males juga, selain beli pompanya mahal, katanya ada yang bilang menyusu langsung bisa lebih membangun bonding sama si anak. Terus anakku intensif banget mimi nya, jadi boro-boro ada waktu merah asi, ini nempel terus kecuali emaknya mau sholat, makan, mandi, …

Review : La Fonte Bolognese Pasta Sauce

Saus pasta yang satu ini adalah salah satu saus favoritku, sebetulnya ini bukan yang pertama kali aku pakai saus ini, sering banget malah, saking berkesannya malah jadi kepikiran pengen di share di blog... (Begini lah kelakuan emak blogger..xixix)

Aku yakin banget ampir semua orang yang doyan makanan itali, mau itu spaghetti, pizza, etc dan pengen yang praktis-praktis, kayanya langsung lirik saus la fonte ini.


Masih anget, kemaren aku baru bikin spaghetti bolognese dan kalau aku bilang sih, pakai saus yang satu ini gak pernah gagal.

Kombinasi pasta tomat, oregano, dan basil nya udah matching banget. Apa lagi sekarang, karena aku sering banget pakai saus ini, jadi perubaham sekecil apa pun baik rasa maupun kotennya pasti langsung kerasa.

Menurutku sih, la fonte bolognese pasta yang sekarang, lebih banyak dagingnya. Ngerasa gak sih? Yang kemaren aku pakai terutama, pas dituang rasanya kok dagingnya lumayan.

Tapi tetep kalau tanpa masukin daging cincang tambahan, emang gak berasa juga.. …

Resep Acar Timun Bumbu Kuning

Fuihhh... Panjang amat judulnya.. Hehe Timun emang jagonya banget buat dibikin acar, selain acar bumbu kuning,  yang paling terkenal ya acar yang pakai cuka itu (entah apa namanya).

Acar sangat cocok dengan menu yang goreng-goreng dan bakar-bakar, konon katanya bisa menetralisir rasa enek dari sisa-sisa minyak atau lemak dari hasil goreng atau bakar.

Di rumah ada timun dan wortel, juga ada ikan nila goreng fix bikin acar aja, hmm.. Tapi kalau ikan kayanya emang cocok dengam acar bumbu kuning ya, nah kalau bikin sate atau iga bakar kayanya acar cuka yang cocok.

So, ini dia, resep acar timun (wortel) bumbu kuning, silahkan di coba ya bu ibu...

RESEP ACAR TIMUN BUMBU KUNING
ala Dapur Mama Badar


Waktu memasak: 30 menit
Porsi: 2-4 orang

Bahan:
🍲 200 gr timun,  iris melintang
🍲 100 gr wortel, iria melintang
🍲 100 gr air
🍲 2 lembar daun salam
🍲 2 cm jahe, geprek
🍲 3 sdm minyak goreng
🍲 garam dan gula secukupnya

Bumbu halus:
🍲 5 siung bawang merah
🍲 2 siung bawang putih
🍲 3 butir kem…