Skip to main content

Resep Ayam Keremes

Ayam kremes.. Pertama-pertama gak paham juga jenis menu ayam kaya gimana, dan ternyata setelah coba beli di salah satu warung makan deket kampus jama kuliah dulu, baru paham deh bahwa "keremes" yang dimaksud ya semacam gorengan yang diancurin,  mungkin maksudnya diremes-remes gitu kali ya. Lumayan lah varian lain dari ayam serundeng.

Tidak ada Sumber yang pasti,  yang menyatakan berasal dan kapan mulai tercipta menu jenis ini, tahu-tahu sudah tenar saja di kaki lima maupun resto.

Pada dasarnya menu ayam keremes ini terdiri dari ayam dan keremesan, dan bubuk gorengan yang dinyatakan dengan keremasan ini memiliki rasa yang gurih, kalau ayamnya sendiri sih gak terlalu gimana, sama aja kaya rasa ayam goreng pada umumnya.

Kali ini aku akan membuat resep ayam keremes ala-ala yang super simpel.. Tapi rasanya enakkkk.. 😆

Kalau gitu, bu ibu.... Ini dia...

RESEP AYAM KEREMES
ala Dapur Mama Badar


Waktu :  45 menit
Porsi: 4 orang

Bahan:
🍗 500 gr ayam (aku pakai sayap ayam)
🍗 2000 ml air untuk merebus (atau hingga ayam terendam sempurna)
🍗 3 lembar daus salam
🍗 1 lembar serai
🍗 10 sendok tepung beras
🍗 500 ml minyak untuk menggoreng

Bumbu tumbuk kasar:
🍗 5 ruas jahe
🍗 5 ruas laja
🍗 5 ruas kunyit
🍗 2 siung bawang putih
🍗 1 sdt ketumbar
🍗 2 sdm garam

Cara:
🍗 Bersihkan ayam, kemudian masukan ke dalan panci untuk di ungkep, tambahkan air dan bumbu, masak kurang lebh 30 menit dengan api sedang.
🍗 Jika ayam belum empuk bisa tambahkan air dan diungkep lagi sesuai dengan tingkat keempukan yang diharapkan, namun air bumbu jangan dibiarkan kering, sisakan sekitar 250 ml.
🍗 Tiriskan ayam, kemudian panaskan minyak di wajan. Setelah panas masukan ayam satu per satu, goreng seperti biasanya, hingga coklat kekuningan.
🍗 Sementara itu siapkan bumbu keremesan: sisa air bumbu ungkep ayam di tuang ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan tepung beras.  Aduk rata.
🍗 Setelah selesai menggoreng ayam, lanjutkan dengan menggoreng keremesan.  Tuangkan dengan sendok secara acak adonan keremesan, biarkan hingga menguning. Ulangi hingga adonan habis.
🍗Tata ayam di atas piring saji, lalu bubuhkan keremesan di atasnya, resep ayam keremes siap disajikan.

💌 Tips: pada saat menggoreng keremesan, akan sangat bagus jika hasil adonan berpencar sendiri saat di goreng di atas wajan, tapi jika seperti aku, adonan berkumpul di tengah, jadi mirip rempeyek, bisa dihancurkan secara manual, baik dengan tangan atau mutu ulekan.

Selamat memcoba jangan lupa subscribe ya, untuk up date resep tetbaru lainnya. Makasih!😊


Comments

Wahyu blog said…
https://tatabogakuliner.blogspot.com/?m=1

Popular posts from this blog

Review: Totole Kaldu Rasa Jamur (Vegetarian Food)

Kesampaian juga mencoba kaldu Totole rasa jamur yang lagi happening banget di komunitas ibu-ibu sehat anti MSG 😁

Dari awal kemunculan produk ini yang hanya di jual di komunitas-komunitas, terus mulai bisa dibeli bebas via online, masih juga belum beli karena harganya mahal belum ongkir.

Dan setelah maju mundur cantik buat beli, sekarang baru sempat beli, itu pun pas gak sengaja liat di swalayan ada yang begini.

Alhamdulillah..sekarang di swalayan udah banyak menjual pilihan produk-produk non-MSG, karena biasanya harus kerja keras nyarinya,  dan hanya bisa dibeli online. Hmm..berarti semakin melek orang-orang ya..😊

Sebetulnya Totole kaldu rasa jamur ini diperuntukan bagi para vegetarian, yang dari mulai ke kaldu-kaldu gak boleh ada unsur hewani.

Dan semakin tenar dikalangan penggiat diet sehat bebas kolesterol, karena kaldu dari tumbuhan tidak mengandung lemak sama sekali, dan karena sangat alami dan tidak menggunakan MSG, maka ibu-ibu yang punya balita khususnya, berbondong-bondong …

Review : La Fonte Bolognese Pasta Sauce

Saus pasta yang satu ini adalah salah satu saus favoritku, sebetulnya ini bukan yang pertama kali aku pakai saus ini, sering banget malah, saking berkesannya malah jadi kepikiran pengen di share di blog... (Begini lah kelakuan emak blogger..xixix)

Aku yakin banget ampir semua orang yang doyan makanan itali, mau itu spaghetti, pizza, etc dan pengen yang praktis-praktis, kayanya langsung lirik saus la fonte ini.


Masih anget, kemaren aku baru bikin spaghetti bolognese dan kalau aku bilang sih, pakai saus yang satu ini gak pernah gagal.

Kombinasi pasta tomat, oregano, dan basil nya udah matching banget. Apa lagi sekarang, karena aku sering banget pakai saus ini, jadi perubaham sekecil apa pun baik rasa maupun kotennya pasti langsung kerasa.

Menurutku sih, la fonte bolognese pasta yang sekarang, lebih banyak dagingnya. Ngerasa gak sih? Yang kemaren aku pakai terutama, pas dituang rasanya kok dagingnya lumayan.

Tapi tetep kalau tanpa masukin daging cincang tambahan, emang gak berasa juga.. …

Resep Acar Timun Bumbu Kuning

Fuihhh... Panjang amat judulnya.. Hehe Timun emang jagonya banget buat dibikin acar, selain acar bumbu kuning,  yang paling terkenal ya acar yang pakai cuka itu (entah apa namanya).

Acar sangat cocok dengan menu yang goreng-goreng dan bakar-bakar, konon katanya bisa menetralisir rasa enek dari sisa-sisa minyak atau lemak dari hasil goreng atau bakar.

Di rumah ada timun dan wortel, juga ada ikan nila goreng fix bikin acar aja, hmm.. Tapi kalau ikan kayanya emang cocok dengam acar bumbu kuning ya, nah kalau bikin sate atau iga bakar kayanya acar cuka yang cocok.

So, ini dia, resep acar timun (wortel) bumbu kuning, silahkan di coba ya bu ibu...

RESEP ACAR TIMUN BUMBU KUNING
ala Dapur Mama Badar


Waktu memasak: 30 menit
Porsi: 2-4 orang

Bahan:
🍲 200 gr timun,  iris melintang
🍲 100 gr wortel, iria melintang
🍲 100 gr air
🍲 2 lembar daun salam
🍲 2 cm jahe, geprek
🍲 3 sdm minyak goreng
🍲 garam dan gula secukupnya

Bumbu halus:
🍲 5 siung bawang merah
🍲 2 siung bawang putih
🍲 3 butir kem…

Balakutak Hideung (khas sunda )

Masak…masak…udah lama ga post soal dapur :D
Baiklah teman-teman, kali ini kita coba masak yang ngga banget penampilannya..” Balakutak Hideung”…but, don’t judge a book by its cover ya, meski item-item begini rasanya enak…(y)
Sebelumnya kita kenalan dulu sama balakutak, sejenis makhluk apakah ini? Nah, sering orang gagal paham soal balakutak, dibilangnya cumi…padahal bukan lho (ya sodaranya cumi kali ya soalnya mirip..maksa). Balakutak itu disebut juga ikan nus atau sotong, bedanya sama cumi: kalo cumi panjang-panjang terus cangkangnya lunak ya, kalo balakutak versi buntetnya alias aga bulet-bulet gitu, ini dia penampakan balakutak alias sotong (sumber: http://www.wikipedia.org)
Nah,itu tuh si sotong yg suka dikatain cumi. Kalo di warung warnanya lebih putih dengan corak kaya batik gitu, dan tentu saja sudah mati..(iihh..males juga kalo diurusnya masih hidup-hidup…geli banget tentakelnya.
Sotong memiliki cangkang keras yang kaya akan kalsium (tapi tentu cangkangnya ga bisa …

Review: Desaku Bumbu Bubuk Kari

Ada beberapa alasan ibu-ibu malas berkecimpung di dunia perdapuran, karna emang gak bisa masak, atau bisa juga karena malas repot. syukur-syukur bisa selalu beli makanan ke restoran yah, tapi kalau ngga..gak ada pilihan lain selain masak sendiri, tak hanya faktor eknonomi ( yang faktanya masak sendiri jauh lebih murah, karena kita gak perlu bayar tenaga koki) tapi juga faktor kesehatan dan nutrisi.

Makanan di luaran belum tentu memenuhi standar nutrisi yang biasanya ibu-ibu paling konsen soal ini. Misal untuk penambahan MSG atau mecin misalnya, atau alergi terhadap makanan tertentu, atau apalah..apalah..masih banyak lagi 😊.

Kalau alasan gak bisa masak, klasik banget ya. Karena pada dasarnya semua orang punya naluri merasa lapar dan mencari makanan, masak adalah tingkat lanjut dari kata survive, bedanya hanya satu ada yang enak dan tidak..hehe, itu aja kok.

Nah kalau alasannya yang kedua, malas. Ini ya mau gimana lagi, aku sendiri (walaupun gak bilang jago juga dalam urusan masak), ta…