Skip to main content

Posts

Showing posts from February, 2017

Resep Ayam Lada Hitam

Di warung ada filet, jarang-jarang,  biasanya harus beli di sualayan, ya sudah aku boyong saja filet itu ke plastik belanjaan. Ayam filet biasanya diambil dari bagian dada ayam karena bagian itu daging ayam banyak tersimpan. Kabar baiknya bagian dada adalah bagian yang  paling minin lemak, sangat baik buat yang lagi menghindari lemak-lemakan.

Untuk yang sedang diet protein bagian dada ayam juga suka jadi menu andalan buat meningkatkan masa otot, dan buat yang diet mayo (bener gak ya tulisnya.. ๐Ÿ˜ฐ) dada ayam tanpa garam jadi salah satu daftar menunya..

Menghindari deep fried aku akan buat sebuah menu tumis ayam yang rasanya enakkk banget.. Gak perlu tunggu orang ngundang ke repsesi pernikahan (coz biasanya menu kaya gini selalu nongkrong di meja buffet..) dan gak perlu juga ke resto-resto..(coz pernah kapok juga beli menu ayam lada hitam,  tapi rasanya gak sesuai harapan rasanya.. Hiks).

Yang bikin menu ini super๐Ÿ‘Œ tentu saja butir lada hitam tumbuk kasarnya, haduhh.. Kalau lada hitam…

Resep Bakmi Goreng

Bakmi alias bakso dan mie sangat populer di Indonesia, banyak cara untuk mengolah mie menjadi sesuatu yang "maknyuuss". Mungkin mie masih kontroversi untuk sebagian orang, ada yang bilang mie itu kurang bagus bla..bla..bla.. Tapi kalo aku mah lempeng aja tuh..yang penting makannya jangan kebanyakan aja๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ (jangan ditiru!)

Kalo menurut aku sih masih jahatan nasi daripada mie, waktu aku di jerman selama 1 tahun, sangat sering mengkonsumsi aneka pasta (karena emang jarang juga ketemu nasi ), timbangan aku jadi ideal, jarang sakit meski suhu di sana ekstrim, datang ke Indonesia..ya nasi lagi deh, timbangan naek dan susah nurininnya..๐Ÿ˜•Whatever, hati-hati aja sama mie instan,  konon pengawetnya rada lumayan.. Katanya lho.. ๐Ÿ˜€

Itu sekilas info aja,  tapi kalo udah ketemu mie yang aku buat ini,  dijamin gak akan pernah nolak.. ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜™ to be honest aku lebih suka mie yang aku bumbuin sendiri, daripada yang dikasih bumbu sama pabrik, sudah mie nya ada pengawetnya bumbunya ada MSG nya…

Resep Fried Apple Pie

Sore-sore dan hujan waktu yang paling pas untuk ngopi dan ngeteh hangat ☕๐Ÿต..ditemani dengan makanan dan kue-kue kecil.. Tidak perlu cape-cape ngafe,  apa lagi kalau emang gak ada cafe yang deket.. ๐Ÿ˜

Kue pie kayanya cocok banget buat temen ngeteh,  biar berasa di Indonesia rasa eropa. Pengen banget sih coba eksekusi kue pie,  walaupun ini kayanya agak ribet juga.
Kebetulan resto junkfood sebelah lagi happening bikin kue pie goreng dari apel dan kayu manis gitu,  dan rasa-rasanya kayanya gak terlalu rumit juga.

Bahan bakunya sih simpel aja,  apel Malang. Langsung aja pergi ke pasar dan cari-cari.  Kenapa apel Malang? Gak apel Washington atau apel fuji? Karena apel Malang teksturnya lebih keras,  sehingga gak mudah hancur saat di masak,  terus Wangi apelnya yang khas bikin seger.

Yang unik lagi dari pie apel ini adalah aroma kayu manis yang kuat, yang membuat kue ini terasa sangat elegan. Sedikit tentang kayu manis,  jenis tanaman ini lumayan tumbuh subur di asia tenggara, dan memilik…

Resep Tu'um Peda (Steam Peda) Khas Sunda

Ikan asin banyak jenisnya,  dan sering jadi pelengkap di menu-menu makanan khas sunda (walapun gak semua). Ikan asin awalnya di buat untuk proses pengawetan agar ikan bisa bertahan lebih lama dan tidak cepat busuk.

Bahan utama ikan asin tentu saja garam, alasan kenapa jenis makanan ini disebut ikan asin,  karena rasanya yang sangat asin. Selain ikan asin yang berasa asin,  ada juga trend yang menyebut ikan yang diolah dengan cara diasinkan tapi tidak begitu asin diberi julukan "ikan asin tawar" ( rancu juga sih.. Katanya asin tapi juga tawar ๐Ÿ˜…)

Ikan asin banyak identik dengan makanan yang kuran berkelas, entah karena kandungan gizi atau harganya yg murah, tapi kalau dari segi harga ikan asin bisa lebih mahal dari harga daging, misal 1 ons cumi asin harganya lebih mahal dari 1/4 kg daging ayam..ga percaya? Langsung aja oprasi pasar..hehe Jadi apanya yang murahan? ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜ kalau soal gizi,  ikan asin teri juga tinggi kalsium sama seperti segelas susu sapi.. Walaupun kadar garam y…

Resep Batagor Udang

Gak bosen-bosen bereksperimen dengan batagor.. ๐Ÿ˜‰ soalnya cari racikan yang pas..dan citarasa yang berbeda.  Kemaren aku bikin resep batagor ikan dori,  setelah icip-icip,  masih kurang gereget dan kurang gurih (jangan salahkan gak pake MSG.. Hehe),  tapi buat anakku udah oke banget, pengen yang gurihnya nendang,  tapi tanpa pake bahan aneh ini itu,  aku coba aja pake bahan dasar udang,  konon udang ini punya rasa khas gurih yang tak tertandingi ๐Ÿ‘

Warna batagornya pun jadi cantik agak peachy peachy gimana gitu ๐Ÿ’˜๐Ÿ’˜๐Ÿ’˜๐Ÿ˜Š.. Aslinya jadi lumayan orange muda.. Bawaan udang nampaknya.  Gak usah berlama-lama, ini dia resep batagor udang,  yang gurih dan gak akan nemu di mana pun pokonya..๐Ÿ˜€

RESEP BATAGOR UDANG
ala Dapur Mama Badar


Waktu memasak: 30 menit
Porsi: 20 buah

Bahan:
๐Ÿค 120 gr udang,  bersihkan dari kulit,  sisakan buntutnya,  blender.
๐Ÿค 50 gr tepung tapioka
๐Ÿค 80 gr tepung terigu
๐Ÿค 100 ml air es
๐Ÿค 5 buah tahu sutra,  bagi dua,  kosongkan sedikit tengahnya.
๐Ÿค 10 lembar kulit pan…

Resep Pisang Coklat

Sebenernya bikin ini gampang-gampang susah sih buat aku ๐Ÿ˜‚ kalo dari bahan ini simpel banget cuma butuh coklat,  pisang,  dan tusuk sate.. Tapi entah lah aku selalu gagal di acara balut membalut.. Kalo gak pisangnya belok-belok bikin susah dikasih coklat,  atau coklatnya beleber gak jelas...fuihh ๐Ÿ˜ฐ๐Ÿ˜ช

Tapi ya sudah lah,  dari pada anak bulak- balik jajan yang begini ke warung,  bikin aja biar puas.  Problem aku tetep sama  gimana caranya biar coklatnya gak luber-luber pas pisang coklatnya di simpan di wadah terus di masukin ke freezer, soalnya setelah pisang di celup, gak kaya es potong dikasih coklat di abang-abang, dalam hitungan detik coklat langsung mengeras...๐Ÿ˜’ tapi aku share aja ya, begini-begini pun tetap maha karya๐Ÿ˜€๐Ÿ˜

Waktu memasak: 20 menit
Porsi: 16 buah

Bahan:
๐ŸŒ 8 buah pisang ambon (kalau di tukang jualan jenis pisangnya pisang "muli" yang kecil-kecil, dan rasanya biasa aja ๐Ÿ˜Œ..dipilih karena segi ekonomis. Makanya aku pilih ambon yang punya aroma harum dan ma…

Resep Tumis Jamur Tiram

Musim hujan yang akan berakhir dan musim kemarau yang akan datang menaikan tingkat kelembaban udara,  dan waktu yang tepat untuk perkembangan jamur.

Tapi tak perlu menunggu waktu tanggung itu. Karena jamur sudah banyak dibudidayakan,  sehingga jamur dapat dinikmati sepanjang tahun,  jenis jamur ada yang beracun dan dapat di makan.  Jadi berhati-hati kalau kamu bertemu jamur jangan langsung di makan ya.. Kecuali kamu bisa pastikan itu gak beracun ๐Ÿ˜†

Untuk jamur yang di masak macamnya cukup banyak,  antara lain yang paling familiar adalah jamur kancing,  jamur tiram,  jamur kuping,  jamur enoki,  dan masih banyak lagi.

Di warung dekat rumahku jamur yang ada setiap hari adalah jamur tiram,  jamur jenis ini kenyal dan kalau di masak dengan bumbu tertentu rasanya bisa kaya ayam swir ๐Ÿ˜ selain teksturnya yang kenyal, jamur mempunyai zat anti mikroba yang baik serta mampu meningkatkan imunitas, disamping itu banyak lagi manfaat lainnya. Kali ini aku akan olah jamur tiram jadi resep yang sup…

Resep Soto Betawi (Khas Jakarta)

Penuh rempah, kesan pertama kali kalo coba resep soto betawi ini,  karena emang cukup memerlukan banyak personil rempah untuk membuatnya.  Walau pun gak seheboh bumbu gulai juga,  dan gak terlalu berlemak kaya gulai, jadi alternatif lain untuk menikmati daging berkuah. ๐Ÿ˜€

Kebanyakan referensi resep soto betawi dari yang paling konvensional sampe yang udah modif,  mencantumkan "jeroan" buat konten sotonya,  tapi berhubung aku gak ada stok jeroan,  jadi aku pake fully daging sapi (mewah banget dah...๐Ÿ˜š๐Ÿ˜‚).

Kalo soal rasa... Hmm.. ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ ๐ŸŒ ๐ŸŒ ๐ŸŒ ๐ŸŒ ๐ŸŒ  kasih bintang 5. Kata suamiku sih rasanya udah pas banget,  dan kata bapakku yang bertahun-tahun di masa kecilnya tinggal di Jakarta, di mana tempat resep ini berasal,  rasanya udah otentik.  Kalo gitu mari bunnnnn otw dapur aja langsung...๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜™

Waktu memasak: 45 menit
Porsi: 2-3 orang

Bahan:
๐Ÿฒ 150 gr daging sapi
๐Ÿฒ 200 ml air
๐Ÿฒ 400 ml santan encer (aku pake santan instan 65 ml diencerkan pakai air hangat hingga 400 ml)
๐Ÿฒ 400 ml s…

Resep Kentang Goreng Kriuk

Pengen kentang goreng,  tapi gak ada stok kentang beku di freezer, dan di rumah adanya kentang mentah, buat kalo bikin sop atau perkedel.

Kentang fresh paling pas kalo di jadiin kentang goreng wedges (bukan sepatu aja yang model wedges ya.. ๐Ÿ‘ก๐Ÿ‘ก๐Ÿ‘ก๐Ÿ˜€)

Kentang goreng wedges bentuknya gemuk-gemuk dan mengenyangkan, memang didesain tidak terlalu kriuk kaya kentang goreng perancis ( french fries) ๐Ÿ˜, yang banyak ada di resto cepat saji itu. ๐ŸŸ๐ŸŸ๐ŸŸ

Kalo kentang dipotong-potong panjang-panjang,  terus di goreng, dia gak akan se kriuk kentang punya resto junk food,  or kentang beku yang ada di supermarket, tanya kenapa? Mungkin rahasia perusahaan ๐Ÿ˜‚

Entah pake trik apa,  entah itu banyak pengawetnya apa ngga, yang pasti kentang beku sama sekali tidak fresh!  tapi masalahnya,  pengen kentang goreng yang fresh tapi gak pengen melempem, gimana dong? Apa lagi buat si kurcil, ini dia triknya, bu ibu...๐Ÿ˜š

Ini juga terinspirasi dari game "cooking mama" ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Waktu memasak: 30 menit
Porsi…

Resep Sosis Sapi Saus Lada Hitam

Sosis termasuk ke dalam makanan olahan, di Indonesia kebanyakan sosis di buat dari daging sapi atau ayam, di luar negeri biasanya pembuatan sosis di campur dengan beberapa jenis daging, misal daging sapi dan daging babi, so, be carefull ๐Ÿ˜ช.

Belakangan lagi hits jenis sosis yang memiliki diameter besar, yang sering dikenal dengan istilah "Bratwurst".. Bratwurst itu diambil dari bahasa Jerman, Brat = bakar, Wurst = sosis...( hehe.. gak percuma saya kuliah S1 Bahasa Jerman...๐Ÿ˜œ)

Sebetulnya banyak sekali jenis sosis, khususnya di Jerman, setahuku jenis sosis yang paling populer antara lain Bratwurst, Beef Frankfurter, Bockwurst, dan Wiener... dan masih banyak lagi. Kalau untuk Sosis menurut tingkat kematangannya dibagi menjadi beberapa jenis ( setahuku lagi ): sosis segar ( belum di masak ), sosis matang ( diasap ), sosis matang ( dimasak ), sosis siap santap (difermentasi). Dan menurut bungkusnya, ada yang dapat langsung diolah (karena bungkus menggunakan lemak hewan ), ada ya…

Resep Orek Buncis

Late post.. Maaf ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™ lagi milih-milih Foto eh ada si hijau cantik ini belum eksis di blog..sebetulnya ini masaknya udah dari kapan, tapi ke salip aja sama menu-menu yang lain.. Hehe

Daripada di buang sayang,  siapa tau ada yang butuh ๐Ÿ˜Š to be honest aku gak terlalu suka buncis, karena baunya menyengat menurut aku. Tapi dengan pengolahan yang pas, lumayan enak dan gak terasa "bau" khas buncis nya.

Buncis bagus buat ibu hamil karena mengandung banyak asam folat,  tapi Bagus juga untuk siapa pun karena mengandung serat,  protein,  vitamin,  dan mineral (khususnya kalium dan kalsium).

Mau resep yang gampang dan rasanya enak,  kali ini aku akan share resep orek (orak arik)  buncis.  Bahan utamanya tentu buncis dan telur, cukup 15 menit aja ya dan gak merepotkan. Yukkkk...

Waktu memaska: 15 menit
Porsi : 2-3 orang

Bahan:
๐ŸŒฟ 200 gr buncis,  iris
๐ŸŒฟ 1 butir telur
๐ŸŒฟ minyak untuk menumis

Bumbu iris:
๐ŸŒฟ 3 siung bawang merah
๐ŸŒฟ 2 siung bawang merah
๐ŸŒฟ 1 buah cabai merah
๐ŸŒฟ sejumput…

Resep Nugget Tahu Udang

Tahu gampang dibuat aneka variasi resep, harganya murah,  serta cukup bergizi dan lezat. Alhamdulillah.. Anakku gak ada masalah sama tahu,  dia suka dan gak banyak protes kalau di Kasih tahu,  walaupun rating tahu masih di bawah telur jadi makanan favorit dia..

Anyway,  kalo nugget pastinya hampir semua anak suka ya,  nugget emang jadi kids food yang most wanted banget,  Dulu sekitaran tahun 98 an ketika nugget baru booming ( hmm.. Booming di tempat tinggal aku kecil maksudnya๐Ÿ˜ช) yang aku kenal cuman ada satu jenis nugget yakni yang terbuat dari ayam, dan itu pun gak semua orang tahu juga..dan berjalan 2 dekade aku cukup terharu banget kalo sekarang variasi nugget udah banyak dan macem-macem..๐Ÿ˜จ๐Ÿ˜€

Nugget dan sejenisnya termasuk makana beku, menurut beberapa orang makanna beku banyak banget kandungan natrium dan zat pengawetnya, makanya berbondong-bondong banyak yang buka industri rumahan dengan lebel "sehat" tanpa MSG, tanpa pengawet, lala..lala.. Aku sih seneng-seneng aja,…

Resep Puding Tomat (MPASI 18 +)

Ceritanya pengen cemilan yang sehat-sehat, dan berhubung Badar pilih-pilih banget kalau harus makan buah.. ๐Ÿ˜ฉ Anak yang lain gitu juga gak sih?

Sekalian juga mencari peruntungan, sapa tau buah yang udah di modif kaya gini bikin dia jadi doyan buah.. Dan bentuknya dibuat kaya gini, kata buku panduan sih bikin anak jadi tertarik, hmm...

Resep ini terinspirasi dari sebuah buku resep makanan sehat balita, dengan beberapa modif dan penyesuaian, dan berikut ini resepnya:

Waktu memasak: 30 menit
Porsi: 30 potong (dengan ukuran sesuai gambar)

Bahan:
๐Ÿฎ 2 buah tomat ukuran besar (diblender dengan 100 ml air)
๐Ÿฎ 500 ml susu sapi segar
๐Ÿฎ 2 sdt bubuk agar warna putih (aku pake agar swalow glob*bukan iklan*)
๐Ÿฎ 3 sdm gula
๐Ÿฎ 1/4 sdt garam

Cara:
๐Ÿฎ panaskan susu sapi segar,  gula,  garam,  dan bubuk agar,  aduk hingga mendidih di api kecil.
๐Ÿฎ setelah mendidih dan gula larut, matikan api,  tuangkan jus tomat ke dalamnya,  aduk rata.
๐Ÿฎ siapkan cetakan,  masukan adonan agar ke dalam cetakan,  biar…

Resep Ayam Kampung Ungkep (Bumbu Geprek)

Kemaren aku udah berhasil dengan resep ayam serundeng, tapi menurut aku itu sedikit ribet harus siapin bumbu ulek, belom kelapanya,  belom goreng ayamnya,  terus goreng kelapanya.. Lala.. Lala,  ribet tapi terbayar sama rasanya ๐Ÿ˜‡

Pengen yang gak ribet,  tapi rasa tetep kece banget ๐Ÿ‘Œ nih ada satu lagi,  yang nyesel kalo gak coba. Resep ayam ungkep kali ini aku gak pake acara bumbu ulek2 ya,  terus rasanya gimana?  Gak gimana-gimana, enak aja yang ada ๐Ÿ˜€..

Seriusan ini gak pake bumbu ulek,  semua pure bumbu geprek,  hemat tenaga dan hemat waktu ⌚. Aku pakai ayam kampung, rasanya lebih gurih dan yummy ๐Ÿ‘ Yuk, cantik, kita mulai aja masaknya ๐Ÿ˜

Waktu memasak: 45 menit
Porsi: 12 potong

Bahan:
๐Ÿ— 1 ekor ayam kampung,  potong 12 Biji (dupotongin mamang tukang ayam nya.. Gak harus 12 potong ya,  cuman ukuran kaya aku bumbu nyerep banget.. Maknyoooss)
๐Ÿ— 4 sdt garam (atau sesuai selera)
๐Ÿ— 2000 ml (atau sampai ayam terendam semuanya)

Bumbu geprek:
๐Ÿ— 4 ruas jahe
๐Ÿ— 4 ruas lengkuas
๐Ÿ— 4 ruas…

Resep Soto Bandung

Indonesia kaya akan resep soto,  ampir semua daerah memiliki resep soto, antara lain: soto Lamongan,  soto Madura,  soto Betawi,  soto Bogor,  coto makasar, dan masih banyak lagi.. ๐Ÿ˜‚

Nah untuk kota tempat tinggalku,  ada nih soto Bandung.  Soto Bandung identik dengan kuahnya yang bening berkaldu,  dengan taburan kedelai dan seledri,  benar-benar rasa yang original banget!๐Ÿ‘Œ

Bahan baku utama soto Bandung adalah daging sapi dan lobak. Omong-omong tentang lobak, kandungan dalam lobak dapat bermanfaat untuk mengatasi Batu ginjal, kanker,  hingga penyakit-penyakit ringan seperti jamur dan ketombe..

Kali ini aku mau share resep soto Bandung, semoga pada suka (ini sepesial lho,  karena dibikinnya asli sama orang Bandung ๐Ÿ˜š... xixixixi)

Waktu memasak: 45 menit
Porsi: 3 - 4 orang

Bahan:
๐Ÿœ 200 gr lobak,  iris
๐Ÿœ 150 gr daging sapi (bagian yang gampang empuk,  namanya ga tau.. Hehe)
๐Ÿœ 1 buah serai,  geprek
๐Ÿœ 3 ruas jahe,  geprek
๐Ÿœ 2 ruas lengkuas, geprek
๐Ÿœ 2 lembar daun salam
๐Ÿœ 1000 ml a…

Resep Kari Ayam Kampung

Terinspirasi dari tukang lontong kari yang suka lewat sekolahnya Badar, enak banget! Saya jadi pengen coba-coba bikin sendiri,  awalnya gak PeDe sih, mengingat resep ini kayanya buat koki kelas berat ya.. Bukan pemula kaya saya ๐Ÿ˜…

Masak tanpa ekspektasi soal rasa,  eh pas diicip-icip lumayan enak,  mirip-mirip kaya punya tukang lontong kari, dan sepertinya nanti akan bikin lagi plus lontongnya (apa sekalian jualan aja gitu ya? ๐Ÿ˜Œ...bhhaahaha ๐Ÿ˜‚)

Masih ada yang bingung apa bedanya kari dan opor? Sepintas dari foto mirip-mirip opor ya ๐Ÿ˜… jelas aja,  bumbu dasarnya sama,  tapi setelah ditambah ini itu rasanya jadi beda banget.

Untuk kari rasa rempahnya lebih strong, mungkin kari adalah versi indianya opor.. Maybe ๐Ÿ˜ช
whatever,  Ini dia resep kari ayam kampung..

Waktu memasak: 60 menit
Porsi: 2-3 orang

Bahan:
๐Ÿ› 500 g ayam kampung,  bersihkan potong sesuai selera
๐Ÿ› 1 buah kentang ukuran besar, potong sesuai selera
๐Ÿ› 2 lembar daun salam
๐Ÿ› 3 lembar daun jeruk
๐Ÿ› 1 buah serai,  geprek
๐Ÿ› …