Skip to main content

Resep Sosis Sapi Saus Lada Hitam


Sosis termasuk ke dalam makanan olahan, di Indonesia kebanyakan sosis di buat dari daging sapi atau ayam, di luar negeri biasanya pembuatan sosis di campur dengan beberapa jenis daging, misal daging sapi dan daging babi, so, be carefull 😪.

Belakangan lagi hits jenis sosis yang memiliki diameter besar, yang sering dikenal dengan istilah "Bratwurst".. Bratwurst itu diambil dari bahasa Jerman, Brat = bakar, Wurst = sosis...( hehe.. gak percuma saya kuliah S1 Bahasa Jerman...😜)

Sebetulnya banyak sekali jenis sosis, khususnya di Jerman, setahuku jenis sosis yang paling populer antara lain Bratwurst, Beef Frankfurter, Bockwurst, dan Wiener... dan masih banyak lagi. Kalau untuk Sosis menurut tingkat kematangannya dibagi menjadi beberapa jenis ( setahuku lagi ): sosis segar ( belum di masak ), sosis matang ( diasap ), sosis matang ( dimasak ), sosis siap santap (difermentasi). Dan menurut bungkusnya, ada yang dapat langsung diolah (karena bungkus menggunakan lemak hewan ), ada yang harus dilepas ( biasanya pelapis terbuat dari bahan sintetis dan plastik ).

Di freezer ada sosis sapi nganggur, sosis yang aku maksud di sini adalah sosis untuk masak, alias sosis ukuran biasa, dan bagian kulitnya harus di buka, kalau di bakar atau di goreng gitu aja, rasanya kurang gereget ya, kali ini aku akan kombinasi dengan saus lada hitam. ( lada hitam adalah salah satu rempah favorit aku 😍😍😍 ). Ini dia resepnya:


Waktu memasak: 30 menit
Porsi: 3-4 orang

Bahan:
🍢 6 batang sosis ( sekitar 120 gr ), buang kulitnya, bagi 4, lalu buat tanda tambah di masig-masing sisi.
🍢 1/2 buah bawang bombai, iris
🍢 2 siung bawang putih, iris
🍢 1 sdm saus tomat
🍢 1 sdm kecap manis
🍢 1/2 sdm saus tiram
🍢 1 sdt merica hitam butir, tumbuk kasar
🍢 1 sdt maizena
🍢 3/4 sdt garam
🍢 1/4 sdt merica bubuk
🍢 sejumput gula
🍢 200 ml air
🍢 Minyak untuk menggoreng dan menumis

Cara:
🍢 goreng sosis hingga mekar ( kalau aku, supaya sosis tidak kering dan warnanya merah mengkilat, gorengnya di atas api kecil ), sisihkan.
🍢 iris bawang-bawangan, siapakan minyak di wajan, setelah panas masukan bawang dan tumis hingga harum.
🍢 masukan sosis, aduk sebentar, lalu masukan air,  aneka saus, garam, gula, merica, dan air. Tumis sebntar.
🍢 larutkan tepung maizena dalam sedikit air, kemudian campurkan pada masakan, aduk hingga sedikit mengental, lalu masukan tumbuk lada hitam,  aduk hingga semua bumbu meresap, terakhir koreksi rasa.
🍢 Resep sosis sapi saus lada hitam siap dihidangkan.

Pelengkap:
🍛 Capcai, 🍛 tumis-tumisan, dll

Comments

Popular posts from this blog

Review: Totole Kaldu Rasa Jamur (Vegetarian Food)

Kesampaian juga mencoba kaldu Totole rasa jamur yang lagi happening banget di komunitas ibu-ibu sehat anti MSG 😁

Dari awal kemunculan produk ini yang hanya di jual di komunitas-komunitas, terus mulai bisa dibeli bebas via online, masih juga belum beli karena harganya mahal belum ongkir.

Dan setelah maju mundur cantik buat beli, sekarang baru sempat beli, itu pun pas gak sengaja liat di swalayan ada yang begini.

Alhamdulillah..sekarang di swalayan udah banyak menjual pilihan produk-produk non-MSG, karena biasanya harus kerja keras nyarinya,  dan hanya bisa dibeli online. Hmm..berarti semakin melek orang-orang ya..😊

Sebetulnya Totole kaldu rasa jamur ini diperuntukan bagi para vegetarian, yang dari mulai ke kaldu-kaldu gak boleh ada unsur hewani.

Dan semakin tenar dikalangan penggiat diet sehat bebas kolesterol, karena kaldu dari tumbuhan tidak mengandung lemak sama sekali, dan karena sangat alami dan tidak menggunakan MSG, maka ibu-ibu yang punya balita khususnya, berbondong-bondong …

Review : La Fonte Bolognese Pasta Sauce

Saus pasta yang satu ini adalah salah satu saus favoritku, sebetulnya ini bukan yang pertama kali aku pakai saus ini, sering banget malah, saking berkesannya malah jadi kepikiran pengen di share di blog... (Begini lah kelakuan emak blogger..xixix)

Aku yakin banget ampir semua orang yang doyan makanan itali, mau itu spaghetti, pizza, etc dan pengen yang praktis-praktis, kayanya langsung lirik saus la fonte ini.


Masih anget, kemaren aku baru bikin spaghetti bolognese dan kalau aku bilang sih, pakai saus yang satu ini gak pernah gagal.

Kombinasi pasta tomat, oregano, dan basil nya udah matching banget. Apa lagi sekarang, karena aku sering banget pakai saus ini, jadi perubaham sekecil apa pun baik rasa maupun kotennya pasti langsung kerasa.

Menurutku sih, la fonte bolognese pasta yang sekarang, lebih banyak dagingnya. Ngerasa gak sih? Yang kemaren aku pakai terutama, pas dituang rasanya kok dagingnya lumayan.

Tapi tetep kalau tanpa masukin daging cincang tambahan, emang gak berasa juga.. …

Review: Susu Booster ASI Merek Lactamond (part 2)

Lagi suka cari-cari booster asi tapi gak pengen yang rasa jamu-jamuan. Ketemu lagi sama satu yang rasanya cuco banget.. Kemaren kan udah coba tuh booster asi merek Almom.  Masih judulnya susu almond, aku nemu lagi dari brand Lactamond. Kalau menurut aku sih kayanya susu booster asi yang satu ini bukan buatan pabrikan rumahan, soalnya dari box dan tekstur susunya udah mirip susu ibu menyusui pabrikan besar.

Yang belum sempet baca ulasan aku yang pertama, kenapa aku lebih suka pilih susu nabati daripada susu hewani, karena lemaknya gak banyak dan kata yang udah pengalaman gak bikin busui gendut (tapi kalau di aku emang bener sih, asi lancar badan lumayan singset. 😁), trus buat yang intoleran laktosa (yang makan susu hewani udahnya jadi mencret..) juga gak terlalu beresiko. Gak cuma almond aja ya, kedelai, dll juga bagus.

Balik lagi ulas susu Lactamond, kalau yang kemaren aku coba itu masih mengandung rempah-rempah selain bubuk almond, kalau untuk susu yang satu ini, almond dicampur kac…

Review: Susu Booster Asi Merek Almom ( Part 1 )

Hmm.. ceritanya aku sedang tergila-gila dengan superfood yang satu ini: Almond. lebih tepatnya lagi memburu jenis susu berbahan dasar kacang almond. konon katanya gak bikin ibu menyusui menjadi gendut tapi asi keluar deras 😛 . Untuk ibu yang lagi menyusui bayinya eksklusif maupun tahap lanjutan ( hingga 2 tahun ) sini..sini..boleh merapat ke sini..sharing-sharing...

Tapi aku disini gak akan terlalu fokus ke hasilnya ya, kaya di iklan-iklan susu booster asi ( pamer-pamer berkantong-kantong stok ASIP ), karena aku memang gak nyetok ASIP, secara aku mah apa atuh rumahku adalah kantorku 😚 jadi anakku langsung "mimi di gentongnya".. pernah sih ada niat nyoba lihat hasilnya dengan memerah asi, supaya tahu berapa banyak, tapi males juga, selain beli pompanya mahal, katanya ada yang bilang menyusu langsung bisa lebih membangun bonding sama si anak. Terus anakku intensif banget mimi nya, jadi boro-boro ada waktu merah asi, ini nempel terus kecuali emaknya mau sholat, makan, mandi, …

Resep Acar Timun Bumbu Kuning

Fuihhh... Panjang amat judulnya.. Hehe Timun emang jagonya banget buat dibikin acar, selain acar bumbu kuning,  yang paling terkenal ya acar yang pakai cuka itu (entah apa namanya).

Acar sangat cocok dengan menu yang goreng-goreng dan bakar-bakar, konon katanya bisa menetralisir rasa enek dari sisa-sisa minyak atau lemak dari hasil goreng atau bakar.

Di rumah ada timun dan wortel, juga ada ikan nila goreng fix bikin acar aja, hmm.. Tapi kalau ikan kayanya emang cocok dengam acar bumbu kuning ya, nah kalau bikin sate atau iga bakar kayanya acar cuka yang cocok.

So, ini dia, resep acar timun (wortel) bumbu kuning, silahkan di coba ya bu ibu...

RESEP ACAR TIMUN BUMBU KUNING
ala Dapur Mama Badar


Waktu memasak: 30 menit
Porsi: 2-4 orang

Bahan:
🍲 200 gr timun,  iris melintang
🍲 100 gr wortel, iria melintang
🍲 100 gr air
🍲 2 lembar daun salam
🍲 2 cm jahe, geprek
🍲 3 sdm minyak goreng
🍲 garam dan gula secukupnya

Bumbu halus:
🍲 5 siung bawang merah
🍲 2 siung bawang putih
🍲 3 butir kem…