Langsung ke konten utama

Ayam Goreng Serundeng


Ayam goreng....πŸ—πŸ—πŸ— menu yang mungkin paling sering tampil di piring keluarga, iya kan? selain harganya yang jauh lebih terjangkau dibandingkan protein hewani berbasis daging merah, ketersediaan ayam cenderung stabil di pasaran, sehingga jarang mengalami lonjakan harga yang berarti ( ga kayak BBM kali ya...😊)

Bagian ayam yang memiliki lemak paling sedikit adalah bagian dada, sedangkan untuk rasa yang lebih gurih dapat memilih bagian paha, dan untuk hasil yang sangat-sangat gurih lagi, kulit ayam juga sering digunakan, karena pada bagian paha dan kulit terkandung lebih banyak lemak. 

Jenis ayam yang terbaik tentu saja ayam organik ( ayam kampung ) dibandingkan ayam negeri, namun jika harus mengkonsumsi ayam negeri 🐀🐀🐀, saya sih kadang suka mengolahnya dua kali, setelah dicuci bersih dan dikucuri jeruk nipis, saya biasa merebusnya dulu setengah matang, sampai keluar busa-busa pada air rebusan, kemudian saya buang air rebusan pertama itu dan siap diolah untuk proses selanjutnya πŸ˜‰. 

untuk hari ini, ada orang tua saya main ke rumah, saya akan coba hidangkan menu klasik ayam, yang mungkin sudah pada fasih ya πŸ˜…, tapi sapa tau resep saya bisa menciptakan rasa yang tidak biasa, ini dia "Ayam Goreng Serundeng"

Bahan:
πŸ—1 kg ayam ( potong sesuai selera )
πŸ—500 ml air untuk merebus ( atau bisa disesuaikan untuk tingkat keempukan yang diinginkan)
πŸ—2 lembar daun salam
πŸ—1 batang serai, memarkan
πŸ—3 lembar daun jeruk
πŸ—65 ml santan instan ( 200 ml santan dari 1/ 4 butir kelapa)
πŸ—200 gr parut kelapa
πŸ—minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:
πŸ—5 siung bawang merah
πŸ—3 siung bawang putih
πŸ—4 buah kemiri
πŸ—1 st ketumbar butiran
πŸ—3 ruas kunyit, bakar
πŸ—2 st garam
πŸ—1/4 st merica

cara masak:
πŸ— Rebus bumbu halus beserta bumbu lainnya, santan dan air, masukan ayam yang sudah siap olah ke dalam panci, biarkan hingga setengah matang.
πŸ— Masukan parut kelapa, biarkan hingga bumbu meresap, dan air menyusut.
πŸ— Tahap terakhir siapkan minyak panas, goreng ayam terlebih dulu satu persatu hingga golden brown, sisihkan, selanjutnya goreng bumbunya, hingga menjadi serundeng.

Pelengkap:
🍚 Nasi, 🍲 Tumis Kangkung



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu MPASI 4 Bintang?

(Gambar: mypositiveparenting.org)  Buat ibu dan ayah yang baby nya siap untuk solid food pertamanya, mungkin mulai cari-cari info seputar MPASI ya. Apa lagi kalau baru anak pertama.. Pasti antusias banget (kalo aku pribadi baru melek tentang MPASI, khususnya MPASI homemade pas anak ke 2, tapi tak ada kata terlamabat.. 😊) Bicara MPASI, ada banyak jenis, mulai dari yang instan dan homemade, yang homemade juga banyak lagi cabang-cabangnya ada WHO, FC, BLW, dll... MPASI zaman now emang beragam.. Ga cukup anak di kasih asal judulnya bubur, selesai. Tapi setiap jenis ada rule nya. Kalau yang umum dan gencar di gembar-gembor ibu kader posyandu adalah MPASI WHO dan juga yang sangat di rekomendasikan menkes. Ada yang perlu diperhatikan untuk bikin MPASI ala WHO ( World Health Organization), simpelnya harus memperhatikan: tekstur, jenis, dan porsi, sesuai usia dede bayi nya. Juga wajib juga memperhatikan cara pengolahannya, harus bersih dan tepat cara pengolahannya. Untuk sekarang

Resep Nasi Kepal Enak

Nasi melimpah, dari pada basi biasanya suka di olah lagi, ya kan? Cung yang paling sering bikin nasi goreng... Aku banget itu mah! πŸ˜‚ Tapi kali ini mau di bikin beda aja, kebetulan di kulkas ada daging ham, terus ada keju dan mayones sisa bikin salad buah nganggur. Ya sudah, langsung eksekusi... BTW, ini resep lainnya yang bisa dibikin sambil merem (saking gampangnya) dan sangat disukai anak-anak, selain resep stik kentang keju yang super endessss yang kemaren aku posting... Resep Nasi Kepal Enak (resep Nasi Kepal)  Waktu: 20 menit Porsi: 8-10 buah Bahan πŸ™ 2 centong nasi (sekitar 250 gr) πŸ™ 2 buah daging asap (ham), potong kecil-kecil πŸ™ 15 gr keju, potong dadu πŸ™ 2 sdm maizena πŸ™ 2 sdm mayones πŸ™ 1/2 sdt kaldu bubuk (karena udah asin gak ditambah garam lagi) πŸ™ 1/2 sdt peterseli kering πŸ™ 1 butir telur πŸ™ 20 ml air matang πŸ™ 150 gr tepung roti kasar πŸ™ minyak untuk menggoreng Cara membuat: - masukan nasi, telur, maizena, ham, air dan bumbu-bumbu ke dalam

Review: Susu Booster Asi Merek Almom ( Part 1 )

Hmm.. ceritanya aku sedang tergila-gila dengan superfood yang satu ini: Almond. lebih tepatnya lagi memburu jenis susu berbahan dasar kacang almond. konon katanya gak bikin ibu menyusui menjadi gendut tapi asi keluar deras πŸ˜› . Untuk ibu yang lagi menyusui bayinya eksklusif maupun tahap lanjutan ( hingga 2 tahun ) sini..sini..boleh merapat ke sini..sharing-sharing... Tapi aku disini gak akan terlalu fokus ke hasilnya ya, kaya di iklan-iklan susu booster asi (  pamer-pamer berkantong-kantong stok ASIP  ), karena aku memang gak nyetok ASIP, secara aku mah apa atuh rumahku adalah kantorku 😚 jadi anakku langsung "mimi di gentongnya".. pernah sih ada niat nyoba lihat hasilnya dengan memerah asi, supaya tahu berapa banyak, tapi males juga, selain beli pompanya mahal, katanya ada yang bilang menyusu langsung bisa lebih membangun bonding sama si anak. Terus anakku intensif banget mimi nya, jadi boro-boro ada waktu merah asi, ini nempel terus kecuali emaknya mau sholat, makan, mand

Review: Desaku Bumbu Bubuk Kari

Ada beberapa alasan ibu-ibu malas berkecimpung di dunia perdapuran, karna emang gak bisa masak, atau bisa juga karena malas repot. syukur-syukur bisa selalu beli makanan ke restoran yah, tapi kalau ngga..gak ada pilihan lain selain masak sendiri, tak hanya faktor eknonomi ( yang faktanya masak sendiri jauh lebih murah, karena kita gak perlu bayar tenaga koki) tapi juga faktor kesehatan dan nutrisi. Makanan di luaran belum tentu memenuhi standar nutrisi yang biasanya ibu-ibu paling konsen soal ini. Misal untuk penambahan MSG atau mecin misalnya, atau alergi terhadap makanan tertentu, atau apalah..apalah..masih banyak lagi 😊. Kalau alasan gak bisa masak, klasik banget ya. Karena pada dasarnya semua orang punya naluri merasa lapar dan mencari makanan, masak adalah tingkat lanjut dari kata survive , bedanya hanya satu ada yang enak dan tidak..hehe, itu aja kok. Nah kalau alasannya yang kedua, malas. Ini ya mau gimana lagi, aku sendiri (walaupun gak bilang jago juga dalam urusan masa

Resep Ikan Nila Bumbu Kuning

Udah lama mau post resep ini, cuma belum kesampaian aja, baru sekarang. Ada beberapa resep ikan nila yang belum aku tulis, salah satunya resep ikan nila bumbu kuning, dan ada beberapa lainnya, mungkin besok atau lusa aku tulisnya di blog ya. Aku sebetulnya kurang suka menu ikan-ikan, padahal ikan bagus ya buat kecerdasan otak. Dari dua jenis ikan, aku lebih suka ikan air laut dibandingkan ikan air tawar, karena rasanya cenderung gak amis dan gak bau tanah. Dan kalau suruh milih ikan air tawar, aku akan milih ikan apa pun itu selain ikan mas.. Karena selain gak suka aromanya, dan banyak durinya. Ikan Nila salah saru jenis ikan air tawar yang tekstur daginya lembut dan gak ada duri-duri di dalam daging. Salah satu menu favorit aku adalah Ikan Nila bumbu kuning, kebetulan ada yang kasih belimbing wuluh,  jadi ada aroma asem seger gitu, pokonya mantap. Berikut ini resepnya: RESEP IKAN NILA BUMBU KUNING (Resep Ikan Nila Bumbu Kuning)  Waktu memasak: 45 menit Porsi: 2 orang